September 23 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Usaha Ayam Kremes

By admin - Fri Jun 01, 4:43 pm

Peluang usaha ayam kremes merupakan salah satu usaha yang sangat digemari. Peluang usaha ayam kremes mempunyai pangsa pasar yang sangat luas. Peluang usaha ini sangat menggairahkan karena rasanya yang gurih dan lezat mempunyai banyak sekali penggemar. Mulai dari warung kaki lima sampai restoran bintang lima menyuguhkan menu ini walaupun dengan variasi yang beragam.

Peluang usaha ayam kremes

Selain itu, bahan baku daging ayam juga relatif mudah didapatkan. Penjualan ayam kremes bisa dilakukan dimana saja, baik di warung makan/restoran, warung tenda atau menggunakan gerobak. Untuk membuat Ayam kremes tidaklah sulit dilakukan, termasuk untuk pengusaha pemula sekalipun. Usaha Ayam kremes menggunakan bahan baku ayam goreng yang dibumbui dan diberi taburan atau melekat dengan kremesnya. Sedangkan Kremes sendiri merupakan remah renyah dari tepung yang bisa menambah penampilan dan cita rasa ayam goreng jadi lebih bernilai. Kremes menjadi daya tarik tersendiri karena di samping merasakan lezatnya daging ayam, remah gurih kremes bisa menjadi teman makan.

Peluang usaha ayam kremes juga bisa dilakukan dengan modal kecil. Karena beberapa peralatan bisa menggunakan peralatan memasak rumah tangga seperti penggorengan. Tinggal membeli daging ayam dan tepung untuk membuat kremes daging ayam. Daging ayam broiler dipilih jika ingin menjual ayam kremes dengan harga murah. Untuk daging ayam kampung yang masih muda relatif lebih mahal, fikirkan segemen pasar yang ingin dibidik untuk menentukan bahan baku.

Ada berbagai macam bentuk usaha ayam kremes, bisa dibuat ayam kremes siap saji atau dalam bentuk hidangan lengkap dengan nasi atau bisa juga dijual terpisah dari nasi. Jika usaha ayam kremes siap saji yang dipilih, untuk lebih terlihat unik jika diberi sentuhan sambal yang enak. Pasangan ayam goreng gurih, taburan kremes, dan sambal yang cocok akan membuat menu tampil berbeda. Kesuksesan usaha ayam kremes pertama kali ditentukan oleh citarasanya. Untuk itu Kremes ayam harus dibuat yang enak, gurih, serta tahan renyah karena sensasi olahan ayam ini terletak pada kremesannya. Gunakan dari bahan beras yang bermutu sehingga kremes tetap renyah. Lakukan pengukuran resep dan penambahan air yang pas. Kualitas kremes sangat dipengaruhi oleh jumlah air yang digunakan.

Peluang usaha ayam kremes juga harus menentukan lokasi yang tepat agar segmen pasar lebih terarah dan cepat berkembang. Berikan pula nilai lebih seperti pelayanan cepat dan ramah, kemasan higienis, rasa ayam, dan kremesan yang gurih dan empuk, dan sebagainya. Dalam ayam kremes selain bisa merasakan lezatnya daging ayam, remah gurihnya dapat dijadikan teman makan. Ada berbagai macam bentuk usaha ayam kremes ini, bisa dibuat ayam kremes siap saji atau dalam bentuk hidangan lengkap dengan nasi atau dapat juga dijual terpisah dari nasi. Jika usaha ayam kremes siap saji yang dipilih maka akan terlihat lebih unik jika dilengkapi dengan sambal yang enak. Dengan berasumsi bahwa produk ayam goreng ini berjalan dimana untuk tahap awal bisa menjual rata-rata 15 ekor per hari maka omset yang diharapkan adalah Rp. 450.000,-/hari. Omset tersebut didapat atas dasar harga ayam goreng ini Rp. 30.000,- jauh lebih rendah dibandingkan harga produk sejenis.

Keuntungan yang akan diperoleh per ekor dari faktor biaya sebagai berikut:

Harga ayam hidup: Rp. 20.000,-/ekor

Biaya bumbu dan lain-lain: Rp. 25.000,-/ekor

Biaya tenaga kerja: Rp. 2.000,-/ekor

Biaya promosi: Rp. 1.000/ekor

Biaya distribusi: Rp. 500,-/ekor

Total biaya : Rp. 26.000,-/ekor.

Keuntungan bersih didapat dari harga jual sebesar Rp. 30.000,- dikurangi total biaya sebesar RP. 26.000,- jadi Rp. 4.000,- adalah keuntungan yang diperoleh dari seekor ayam. Dengan demikian ekspektasi pengembalian modal (Return on Equity) yang akan diperoleh adalah 15% dihitung dari keuntungan dan modal yang dikeluarkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS