December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Franchise Usaha Dari Bahan Jamur

By admin - Thu Jun 07, 5:27 pm

Jamur sekarang sudah mempunyai banyak sekali penggemar. Jamur juga sudah dijadikan sebagai bahan baku utama beberapa jenis makanan. Tidak hanya karena rasanya yang enak, tetapi karena kandungan gizinya yang tinggi. Bahkan para vegetarian banyak yang menempatkan jamur sebagai makanan favorit mereka. Jamur tidak hanya diolah secara monoton karena sekarang jamur juga diolah menjadi aneka cemilan yang lezat dan menyehatkan. Selain itu, makanan dari jamur juga bisa dijadikan alternative pengganti lauk. Hal ini lah yang kemudian menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan.

Jamur

Bahkan ada juga yang dibuat sebagai franchise, salah satunya adalah d’mushroom. Pemilik gerai ini berasal dari Depok, Jawa Barat. Usaha ini didirikan pada tahun 2007 dan mulai ditawarkan system kemitraan sejak tahun 2009. Untuk menemani menu makanan yang terbuat dari jamur, d’mushroom juga menawarkan aneka minuman jeli yang menyegarkan. Jadi, penyatuan makanan dan minuman ini semakin menguntungkan. Sampai saat ini, franchise d’mushroom sudah mempunyai 63 cabang yang sudah tersebar di berbagai daerah. Banyak sekali yang berminat pada franchise usaha ini karena harganya yang relative murah untuk setiap porsi jamur dan minuman jeli. Jadi, pangsa pasarnya juga lebih luas.

Jamur yang diolah dan disfranchise-kan ini mempunyai beragam varian, seperti jamur champignon with mayonnaise, jamur saus tiram, tempura jamur, steik jamur, sate jamur dan lain sebagainya. Harga mulai dari 7.000 per porsi. Untuk program kemitraan sendiri, ditawarkan tiga jenis dengan masa kontrak selama lima tahun. Paket yang pertama adalah paket monsterjelly and friends seharga Rp 12 juta. Paket ini menawarkan konsep gerai dengan lokasi usaha di mall dan kawasan perkantoran. Dalam paket ini, mitra mendapat bahan baku awal selama sebulan, pelatihan mengolah jamur, desain gerai, dan training manajemen. Selain itu juga dijanjikan bahwa mitra yang mengambil paket ini mendapat omzet Rp 7,4 juta per bulan, dengan laba bersih Rp 4,125 juta. Jadi Anda akan balik modal di bulan ketiga.

Paket kedua adalah paket jejamur corner, yaitu senilai Rp 30 juta. Paket ini mengusung konsep booth stand. Lokasinya hanya difokuskan di pusat-pusat perbelanjaan. Dalam paket ini, mitra akan mendapat perlengkapan tambahan, seperti mesin kasir, seragam, banner, dan spanduk opening. Selanjutnya, dijanjikan pula omzet mitra sebesar Rp 18 juta per bulan, dengan laba bersih Rp 4,7 juta. Jadi mitra akan balik modal enam bulan sampai tujuh bulan. Selanjutnya untuk tawaran paket terakhir adalah paket jejamur resto n grill. Paket ini mengusung konsep restoran makanan cepat saji, dengan biaya investasi Rp 250 juta. Nilai itu sudah termasuk biaya franchise fee sebesar Rp 20 juta dan sewa tempat Rp 45 juta setahun. Dalam paket ini, mitra mendapat perlengkapan masak, meja kursi, bahan baku, dan biaya pembukaan restoran. Targetnya, omzet mitra Rp 100 juta per bulan. Adapun laba bersihnya Rp 22 juta per bulan. Jadi, balik modal terjadi di bulan ke-12.

Jamur yang sudah mendulang angka kesuksesan yang tinggi ini masih dan bahkan semakin terbuka lebar peluangnya. Selain usaha d’mushroom yang difranchisekan, ada jenis olahan jamur yang juga sangat laris diminati oleh masyarakat, yaitu mie ayam jamur. Tingkat persaingan mie ayam jamur untuk saat ini masih belum ketat tetapi pangsa pasarnya terus saja meningkat. Jika Anda berminat, maka usaha ini bisa jadi pilihan Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS