November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Bisnis Web Hosting yang Semakin Menggiurkan

By admin - Fri Feb 08, 4:49 pm

Bisnis web hosting merupakan bisnis yang mengikuti semakin berkembangnya teknologi. Bisnis web hosting ini sekarang tidak hanya diperuntukkan masyarakat atau pelaku bisnis luar negeri saja, tetapi para penyedia jasa layanan web hosting juga bisa sukses dengan bisnis ini. Tidak percaya? Inilah contoh pelaku usaha di bidang web hosting dari Indonesia yang bisa menembus pasar Internasional. Mereka adalah Edward Oscar dan Jimmy pandra. Mereka mengawali bisnisnya di sebuah apartemen kecil dengan ukuran 60m2 yang berlokasi di Seattle, Amerika serikat.

Bisnis web hostingAwal mulanya, mereka berdua sepakat untuk membeli beberapa server dan peralatan jaringan. Modal awal yang mereka gunakan sebesar US$ 20.000. modal tersebut mereka kumpulkan dari hasil patungan mereka berdua. Nah setelah semua peralatan dan segala macamnya dirasa cukup, mereka membuka bisnisnya pada tanggal 8 Agustus 2001 di Negeri Paman Sam. Sekarang ini, keduanya bisa meraup keuntungan sampai jutaan dolar setiap bulannya.

Bisnis web hosting yang mereka berdua ciptakan pada awalnya dicibir banyak pihak karena pada saat itu di Amerika Serikat kondisi pasar online-nya kurang mendukung. Tetapi mereka tetap bertekad kuat untuk melanjutkan apa yang mereka ciptakan dan ternyata tidak sia-sia. Dengan cara membidik kalangan usaha kecil yang membutuhkan jasa web hosting, mereka mendapatkan prospek bisnis yang cukup cerah. Dan hal ini semakin meningkatkan optimism mereka berdua. Pelan namun pasti, bisnis yang mereka kembangkan tersebut menunjukkan pertumbuhan yang sangat tinggi. Jika pada awal dibentuknya bisnis mereka hanya mengelola 7 server, maka dalam waktu 3 bulan mereka bisa memperoleh tambahan 35 unit server, yaitu dengan mengelola beberapa perusahaan kecil yang ada di lingkungan sekitarnya. Setelah bisnisnya berkembang, mereka berdua memutuskan untuk memindahkan bisnisnya ke sebuah komplek bisnis dengan nama Cyber Building yang ada di kawasan Seattle, Washington DC.

Bisnis web hosting yang dikembangkan keduanya diberi nama Wowrack. Dan bisnis ini semakin berkembang pesat. Mereka juga sukses memberikan beberapa layanan Infractructure as a Service (IaaS), seperti corporate cloud, privat and public cloud, web hosting dan internet data center. Dan mereka juga tidak hanya menyebarkan bisnisnya di Amerika saja tetapi juga sampai ke luar Amerika yaitu dengan melakukan akuisisi Managed Hosting pada tahun 2005 (sebuah perusahaan di Indonesia). Jadi, pada pertengahan 2011 lalu, PT Wowrack ini mendirikan kantor cabangnya di Surabaya. Berminat dengan bisnis web hosting? Mulailah dari sekarang!

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS