July 28 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CPartly Cloudy - Humidity: 83%
Advertisement

Peluang Bisnis Waralaba Bengkel AHASS

By admin - Tue May 22, 5:24 pm

Waralaba Bengkel AHASS semakin banyak dicari oleh para pelaku bisnis. Hal ini dikarenakan waralaba Bengkel AHASS mempunyai pangsa pasar yang sangat banyak. Terbukti dengan meningkatnya konsumen Honda. Kesempatan ini juga didukung oleh kesepakatan Honda sendiri dalam rangka memberikan pelayanan purna jual (after sales service) kepada seluruh konsumennya. Kesepakatan tersebut dibuktikan dengan membuka banyak pusat layanan. Karena sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di tanah air, Honda ingin memberikan dedikasi bagi kemudahan konsumen dan tanggung jawan perusahaan terhadap produknya.

Waralaba Bengkel AHASS

Pada awalnya, Honda melakukan merger dengan Astra pada tahun 1975 dan akhirnya membangun sebuag pusat layanan yang diberi nama Astra Honda Authorized Service Station (AHASS). Pusat layanan ini pada awalnya dibangun sendiri, sehingga akhirnya pada tahun 2000, Astra Honda melihat satu peluang lain dari AHASS. Peluang tersebut adalah dengan membuka ruang kepada pihak ketiga, yaitu masyarakat luas yang ingin berinvestasi bersama membangun bengkel AHASS.

Waralaba Bengkel AHASS kemudian berubah bak jamur di musim hujan. Banyak sekali investor yang tertarik untuk beerjasama dengan perusahaan otomotif ini. Jika ditilik lebih lanjut, peluang usaha ini memang sangat menggiurkan. Dengan pertumbuhan kendaraan bermotor yang kian besar, maka peluang usaha pun masih terbuka lebar bagi Anda yang memiliki minat dalam dunia otomotif untuk bergabung bekerjasama dengan Astra Honda mendirikan AHASS.

Kerjasama yang ditawarkan Astra Honda bukanlah kerjasama waralaba, meski banyak orang yang mengira ia waralaba, ini adalah lebih kepada kemitraan biasa. Dimana sang investor tidak diwajibkan membayar franchise fee dan royalty fee. Bagi Anda yang memiliki tempat saja pun boleh mengajukan kerjasama. Yang terpenting adalah setelah Anda menjalankan bisnis ini benar-benar harus menjaga kualitas layanan. Pasalnya, semua harus berstandart baik dan menjaga mutu, karena bisnis yang Anda jalankan membawa nama besar Astra Honda.

Waralaba Bengkel AHASS membutuhkan minimal Rp 50 juta untuk membuka usaha ini. Tetapi tentu saja angka tersebut di luar perhitungan tempat atau gedung. Dengan investasi awal Rp 50 juta, untuk bengkel pemula setidaknya membutuhkan 2 tenaga mekanik dan 1 tenaga untuk front desk (pendaftaran). Untuk memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan seluruh jaringan AHASS memiliki standar fasilitas fisik yang sama yaitu front desk, bike lift, piping system, exhaust system dan oil drain. Untuk memesan 2 set back lift dibutuhkan biaya sekitar Rp 15 juta, kemudian compressor, mesin gerinda, dan alat pendukung lainnya sekitar Rp 10 juta. Sisa Rp 25 juta bisa digunakan untuk pembelian peralatan administrasi dan spare parts yang fast moving semacam kanvas rem, busi, oli, dan suku cadang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, jika telah memiliki lokasi yang strategis lolos mapping dan gedung minimal berukuran 5×13 meter persegi. Kapasitas 3 pit dengan anggaran Rp 50 juta bisa membuka bengkel AHASS.

Syarat untuk membuka bengkel AHASS adalah sebagai berikut:

  1. Lahan dan gedung minimal seluas 5 x 13 meter.
  2. Lokasi lolos survei dan mapping dari pihak main dealer.
  3. Menyediakan 2 orang mekanik, secara etis mekanik yang direkrut bukanlah dari bengkel AHASS lain. juga menyediakan 1 orang front desk.

Kemudian, kompensasi yang didapatkan adalah sebagai berikut:

  1. Desain interior dan eksterior gratis.
  2. Training bagi mekanik, PMT 1 dan PMT 2 gratis di pusat pelatihan Astra.
  3. Jaminan keaslian suku cadang Honda Genuine Parts (HGP) dengan diskon dan dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).
  4. Mendapatkan pengawasan dan pembinaan dari main dealer kecuali dalam hal keuangan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement