November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Bisnis Terkini di Bidang Properti

By admin - Tue Feb 14, 3:54 pm

Peluang bisnis terkini di bidang properti memang sangat menggiurkan bagi sebagian orang, tetapi tidak jarang pula banyak yang masih meragukan kemampuannya untuk berkecimpung di dunia properti. Peluang bisnis terkini di bidang properti sebenarnya bisa dipelajari. Pertama kali yang harus Anda pelajari adalah tanyakan pada diri Anda, mengapa Anda ingin berinvestasi di properti dan apa yang ingin Anda hasilkan? Jika Anda ingin kaya mendadak, maka ini bukan jalan yang harus Anda ambil. Memang, kita sudah melihat lonjakan harga properti beberapa tahun ke belakang, tetapi harga properti juga seperti siklus ekonomi, menanjak secara perlahan. Meski ada krisis, tapi dalam beberapa tahun ke depan kita masih akan lihat pertumbuhan harga properti.

Peluang bisnis terkini

Rata-rata pelaku industri properti suka mengikuti tren. Atas alasan yang tidak bisa dijelaskan dengan akal sehat, mereka justru memburu properti di saat harganya beranjak naik. Jadi, bisa dipastikan kenaikan harga masih akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Jika Anda masih muda dan baru berniat ingin masuk ke industri properti, Anda punya banyak waktu untuk menabung sambil mencermati perkembangan pasar dunia. Janganlah terburu-buru.

Peluang bisnis terkini memaksa Anda untuk bisa melek informasi. Begitu Anda serius ingin menempatkan sejumlah dana di sebuah properti, cari informasi sedalam-dalamnya mengenai industri ini, mulai dari perusahaan sampai tren yang terjadi saat ini. Sudah banyak cerita mengenai pengembang yang meminta uang muka setelah itu raib ditelan bumi sebelum propertinya sempat diselesaikan. Jangan terpancing dengan investasi murah tapi dengan imbal hasil yang tinggi. Selanjutnya, Anda harus berinvestasi secara seimbang. Tak bisa dipungkiri, di benak kaum muda berinvestasi di properti bisa memberikan keuntungan yang tinggi. Hal ini juga biasanya didukung oleh kedua orang tua yang sudah berpengalaman punya rumah atau properti lainnya. Tapi, jika Anda masih muda dengan uang lebih dan belum punya tanggungan, tidak ada salahnya untuk menanamkan modal di tempat lain. Hal ini dilakukan supaya investasi Anda seimbang, tidak berat di satu sektor saja.

Berikutnya, menabunglah sebanyak mungkin sebelum membeli. Jika Anda berniat menyewakan kembali properti yang anda beli, misalnya rumah atau apartemen. Maka Anda harus punya uang lebih untuk biaya perawatan. Kalau Anda beli properti untuk ditinggali, uang ekstra tetap diperlukan, untuk uang kebersihan dan keamanan juga perawatan properti Anda. Anda juga harus melakukan riset mengenai lokasi yang ideal. Pepatah lama mengatakan, belilah rumah yang tidak terlalu jauh dari pusat kota. Tidak perlu lengkap dengan fasilitas pendukung seperti lift atau gym dan kolam renang, tapi usahakan lokasinya tidak jauh dengan sarana-sarana umum.

Peluang bisnis terkini di bidang properti tidak memaksa Anda untuk menghabiskan uang Anda ke sana. Saat Anda membeli baru saja membeli properti, jangan habiskan seluruh dana Anda untuk membayar cicilannya. Buatlah sebuah simpanan yang berbunga tinggi dan gampang dicairkan (jangan pilih deposito berjangka waktu lama). Gunakan tabungan ini sebagai dana cadangan Anda. Dana ini bisa digunakan untuk biaya perawatan atau bahkan pelebaran aset-aset Anda. Anda harus disiplin dengan dana ini, jangan digunakan untuk hal-hal lain kecuali untuk properti Anda.

Setelah membeli satu properti, Anda harus tetap menabung. Kalau masih memungkinkan, setelah Anda membeli properti dan punya dana cadangan, anda harus terus menabung. Tapi, jika Anda membeli properti untuk ditinggali, maka lebih baik Anda mempercepat cicilan saja jika ada uang lebih. Dengan membayar lebih cepat, maka total biaya yang Anda keluarkan bisa lebih kecil, terutama menghindari beban bunga cicilan. Hal ini lebih menguntungkan daripada menyimpannya uang lebih di tabungan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS