November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Bisnis Sampingan

By admin - Wed Feb 15, 4:01 pm

Peluang bisnis sampingan yang sedang menjadi trend di kalangan kaum hawa adalah usaha melalui internet, salah satunya membukan online shop. Peluang bisnis sampingan untuk kaum hawa ini cenderung tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk membuka toko atau menyewa tempat untuk jualan. Peluang usaha toko online dikatakan menjanjikan pasar yang besar dimasa datang, dengan pertumbuhan pengguna fasilitas internet yang mencapai 30 juta orang pasar toko online akan sangat besar. Secara fisik toko online adalah website atau blog yang digunakan untuk memasarkan produk oleh pelaku bisnis. Bisa berbagai macam produk yang dapat dijual di toko online, bisa berupa barang atau jasa.

Ada dua pilihan untuk membuka toko online, yaitu bisa dengan modal atau tanpa modal. Jenis yang pertama adalah gratis. Seperti melaui jejaring sosial kaskus, facebook, friendster, twitter, multiply dll. Banyak sekali online shop yang akan Anda temukan. Cara membuka toko online di jejaring sosial tersebut sangatlah mudah. Anda cukup me-register account Anda. Jenis kedua adalah dengan modal. Anda harus membeli nama (URL) situs Web yang Anda beli. Biaya investasi awal Anda hanya beberapa ratus ribu rupiah. Misalnya untuk membeli domain dan hosting, biasanya berkisar Rp.250ribu – Rp.350ribu setiap tahunnya. Lalu membuat toko online yang di lengkapi fitur-fitur seperti shopping chart, autoresponder, account, membership, newsletter, dll. Semua fitur itu dapat dengan mudah Anda pelajari jika Anda tidak mau keluar modal lagi untuk membayar orang yang ahli merancang web Anda.

Peluang bisnis sampingan

Peluang bisnis sampingan melalui online shop tentu mempunyai manfaat dibandingkan dengan bisnis konvensional. Manfaat pertama adalah menghemat waktu dan biaya. Menghemat biaya dalam arti mengurangi ongkos naik taksi, ongkos bensin atau ongkos parkir. Menghemat waktu karena Anda tidak perlu berkeliling dari satu toko ke toko yang lain untuk membandingkan harga dan modelnya. Manfaat kedua adalah toko online selalu memperbaiki diri. Toko online dapat langsung menerima masukan dari para pembelinya. Apa yang kurang dapat diperbaiki dan apa yang menjadi kelebihannya dapat terus ditingkatkan.

Tidak demikian dengan toko biasa. Anda tidak bisa complain ke pemilik toko karena pemiliknya biasanya tidak ada di tempat. Jika antrian di kasir terlalu panjang, biasanya banyak pelanggan juga membatalkan belanja di toko tersebut. Pada dasarnya, toko konvensional tidak akan tahu siapa yang memasuki tokonya dan mengapa mereka membatalkan untuk belanja di tokonya. Sedangkan di toko online, Anda bisa mengetahui kebiasaan pelanggan sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Peluang bisnis sampingan manfaat ketiga adalah toko online menyediakan layanan ‘search box’. Alangkah enaknya bila kita memasuki toko dan bisa mendapatkan informasi untuk mengetahui apakah benda yang Anda cari masih tersedia atau tidak. Hal ini hanya berlaku di online shop. Anda dapat langsung mencari produk yang Anda inginkan hanya dengan memasukkan nama benda yang Anda cari. Karena setiap barang biasanya juga dubedakan dalam kategori masing-masing sehingga memudahkan pencarian. Mereka juga akan merespons komentar Anda di comment produk ataupun di private message.

Manfaat keempat adalah toko online memungkinkan para pembeli untuk dapat saling berinteraksi. Di sini, Anda juga akan mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan toko tersebut dilihat dari komentar para pelanggan mereka. Manfaat kelima adalah tak perlu menerima gangguan lain. Di toko online, Anda bisa dengan leluasa berbelanja dan memilih produk yang Anda inginkan tanpa diganggu oleh pihak atau hal lain.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS