November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Bisnis Makanan? Yuk Simak Ide Berikut!

By admin - Wed Nov 21, 5:00 pm

Peluang bisnis makanan adalah salah satu jenis usaha yang paling banyak diminati, baik pengusaha sector kecil maupun pengusaha bermodal besar. Peluang bisnis makanan ini menawarkan makanan sebagai kebutuhan pokok manusia untuk bisa bertahan hidup dan melakukan kegiatannya sehari-hari. Nah, jika Anda juga tertarik untuk memulai bisnis makanan tetapi bingung harus berbisnis apa, simak beberapa ide berikut ini.

Peluang bisnis makananSalah satu ide bisnis yangcemerlang di masa modern seperti sekarang ini adalah makanan luar Negeri, misalnya bistik atau steak. Dengan mengadopsi menu makanan luar dengan citarasa lidah lokal, Anda bisa mendapatkan keuntungan tersendiri yang tidak disangka-sangka. Jika di lingkungan Anda sudah banyak yang membuka menu steak, maka Anda bisa membuka menu lain, yaitu bistik. Menu kuliner ini memang awalnya berasal dari budaya masyarakat Belanda. Mereka menyebut bistik dengan istilah Beef Stuck yang artinya potongan daging sapi yang dimasak atau ditumis dengan cara tertentu. Nah, untuk menjadikan menu ini sebagai lahan bisnis untuk Anda yang tinggal di Indonesia, maka Anda juga sebaiknya mengubah sedikit kuliner Belanda tersebut untuk menjadi masakan local dengan citarasa khas masyarakat Indonesia yang begitu kental dengan tambahan bumbu rempah.

Peluang bisnis makanan bistik ini bisa Anda sesuaikan dengan pangsa pasar yang Anda bidik di sekitar lokasi usaha Anda. Anda bisa mengambil contoh Dapoer Bistik yang ada di semarang. Usaha ini mengadopsi bistik asli Belanda dengan bumbu dan rempah asli Indonesia sehingga rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia, khususnya orang Jawa. Selain itu, mereka juga memberikan harga yang sesuai dengan kantong mahasiswa karena mereka membuka usaha di sekitar kampus. Meun-menu yang Anda tawarkan juga sebaiknya tidak hanya melulu itu-itu saja yang juga bisa dijumpai di tempat lain. Anda harus berkreasi dengan menciptakan menu-menu unggulan dan nama-nama menu yang menarik minat konsumen.

Beberapa menu yang bisa Anda tawarkan adalah beragam jenis bistik, misalnya bistik lidah sapi, iga bakar, kerang ijo, torpedo sapi, ayam, cumi-cumi, filet kakap, udang dan menu-menu tambahan yang lain. Anda juga bisa menyediakan beragam sayuran untuk cuci mulut dan untuk menetralisir lemak yang ada di dalam bistik. Karena masyarakat Indonesia mayoritas menyukai makanan laut, tidak ada salahnya Anda juga menyedikan bisnis seafood.

Peluang bisnis makanan bistik ini bisa Anda pelajari dari kursus memasak yang biasanya diadakan di hotel-hotel atau restoran. Dengan begitu, setelah Anda mengampu ilmu kuliner, Anda bisa membuat kuliner yang ingin Anda jadikan sebagai unggulan. Misalnya Anda memilih nistik lidah sapi dan bistik iga bakar sebagai menu unggulan tempat makan Anda. Jika Anda menyasar pangsa pasar mahasiswa, sebaiknya Anda coba merangkul konsumen menengah ke bawah. Kenapa harus menengah ke bawah? Karena mahasiswa biasanya menginginkan sesuatu yang murah dengan kenyamanan yang sesuai dengan harapannya. Untuk itulah, tidak ada salahnya Anda membuat tempat “nongkrong” yang enak untuk mereka menghabiskan makanan dan berkumpul bersama teman-temannya.

Jadi, Anda juga harus berhati-hati dalam menentukan harga makanan Anda. Misalnya bistik iga sapi, Anda bisa menetapkan harga Rp 16.000 dan untuk bistik lidah sapi sebesar Rp 15.000. Selain Anda menawarkan harga yang terjangkau, Anda juga harus selalu meningkatkan pelayanan untuk bisa memenangkan persaingan pasar. Selamat berbisnis.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS