November 15 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Peluang Bisnis Makanan Balita

By admin - Fri Feb 10, 4:18 pm

  • Comments Off on Peluang Bisnis Makanan Balita
  • 1617 views
  • Email
  • Print

Peluang bisnis makanan bukan hanya milik masyarakat dewasa karena balita juga bisa menjadi pangsa pasar yang menjanjikan. Peluang bisnis makanan balita sekarang mulai digemari terlebih di perkotaan besar, seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, dan lain sebagainya. Banyak orang tua ingin putra-putri mereka mendapatkan asupan gizi yang terbaik. Terutama bagi orang tua yang mempunyai putra-putri yang masih berusia enam bulan hingga tiga tahun. Untuk mendapatkan asupan makanan yang terbaik bisa dilakukan dengan cara membuat makanan bayi sendiri atai membeli. Sayangnya, makanan bayi di pasaran banyak yang cepat saji. Kekosongan makanan bayi yang dalam kondisi segar itulah yang dilirik produsen makanan bayi segar (baby fresh food).

Bisnis bayi kuliner bisa menyasar segmen bayi yang juga mampu mengundang omzet hingga puluhan juta rupiah. Omzet ini akan datang dari penjualan aneka menu makanan bayi. Setiap menu dan makanan bayi yang Anda jual juga harus mengandung asupan gizi dan higienis serta mempunyai jumlah menu yang variatif sehingga bayi tidak cepat boyan dengan hanya memakan menu yang sama.

Peluang bisnis makanan balita ini akan sangat membantu para Ibu muda yang bekerja. Kesibukan orang tua bayi itu disadari atau tidak akan berimbas pada asupan gizi dan makanan bayinya. Khusunya bagi Ibu muda yang bekerja, jangan sampai asupan gizi bayi berkurang gara-gara sibuk kerja. Untuk membuat makanan balita ini, Anda harus kreatif. Untuk membuat asupan bergizi, Anda harus membuat makanan bayi dari produk segar, seperti buah, ikan, dan sayuran organic. Dari beragam menu yang ada, Anda juga harus menentukan beberapa menu andalan yang nantinya akan membawa bisnis Anda terkenal. Di beberapa bisnis makan bayi ini, yang seringkali menjadi menu andalan adalah steamed fish cake, apple herbal soup, dan broccoli and banana oat. Selain menentukan menu utama, Anda juga harus menyediakan menu cemilan untuk bayi.

Jika Anda rajin mengincar berbagai segmen pasar, Anda akan mampu mengantongi keuntungan hingga 30%. Anda bisa memasarkannya melalui situs jejaring social dan online shop. Tawarkan juga jasa antar jika rumah pelanggan Anda ada di dekat area rumah Anda. Misalnya Anda berdomisili di Jakarta, Anda bisa memberikan jasa system antar ke wilayah sekitar, misalnya Tangerang, Depok dan Bekasi. Peluang bisnis ini sangat menggiurkan karena pemain bisnis ini jumlahnya juga relative sedikit. Produk makanan bayi banyak tetapi mayoritas dalam bentuk instan.

Peluang bisnis makanan bayi ini tidak butuh modal banyak tetapi Anda perlu mengetahui cara memulainya dan juga keberanian. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai usaha makanan balita:

  1. Siapkan beberapa resep makanan bayi sebanyak mungkin. Rresep makanan yang lezat akan menjadi daya saing dan penarik pelanggan, Anda perlu reset tentang menu yang akan dijual. Buatlah sample resep makanan bayi dan suruh coba ke beberapa teman yang memiliki bayi.
  2. Survei usaha sejenis yang mungkin jadi competitor. Untuk memulai usaha makanan ini perlu ada survei kecil-kecilan tentang usaha sejenis dilingkungan sekitar lokasi usaha makanan Anda. Misal ada berapa usaha, kisaran harga mereka, menu yang ditawarkan, pelayanan mereka ke konsumen, dan lain lain. Cari kelemahan mereka dan jadikan keunggulan di usaha makanan Anda.
  3. Siapkan modal usaha.
  4. Siapkan tempat usaha. Tempat usaha tentu menjadi hal yang sangat penting, karena lokasi yang strategis dengan banyak calon pelanggan membuat bisnis ini memiliki prospek yang lebih baik. Tapi jangan bingung karena Anda bisa membuka usaha mulai dari rumah.
  5. Siapkan strategi (strategi opening, strategi promosi, strategi menu dll). Misal, strategi opening beri diskon 30% untuk 1 minggu pertama, buat variasi menu tiap hari, dan lain sebagainya.\
  6. Siapkan tenaga kerja. Tenaga kerja mulai dari tukang masak, marketing,pelayan perlu disiapkan dan dilatih agar semua berjalan sesuai rencana.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Peluang Bisnis Makanan Balita