July 31 2014
  • 1
Jakarta, ID - 32 °CPartly Cloudy - Humidity: 59%
Advertisement

Peluang Bisnis Franchise

By admin - Tue Feb 14, 3:49 pm

Peluang bisnis franchise mulai bermunculan dan menawarkan produk atau jasa yang beragam. Peluang bisnis franchise adalah suatu pola kemitraan usaha antara perusahaan yang memiliki merek dagang dikenal dan sistem manajemen, keuangan dan pemasaran yang telah mantap, disebut pewaralaba (Franchisor). Juga dengan perusahaan/individu yang memanfaatkan atau menggunakan merek dan sistem milik pewaralaba yang disebut terwaralaba (Franchisee). Pewaralaba wajib memberikan bantuan teknis, manajemen dan pemasaran kepada terwaralaba dan sebagai imbal baliknya, terwaralaba membayar sejumlah biaya (fees) kepada pewaralaba. Hubungan kemitraan usaha antara kedua pihak dikukuhkan dalam suatu perjanjian lisensi/waralaba.

Waralaba mengandung beberapa hal berikut ini. Pertama adalah merek. Dalam setiap perjanjian Waralaba, sang Pewaralaba (Franchisor selaku pemilik dari Sistem Waralabanya memberikan lisensi kepada Terwaralaba (Franchisee) untuk dapat menggunakan Merek Dagang/Jasa dan logo yang dimiliki oleh Pewaralaba. Kedua adalah sistem bisnis. Keberhasilan dari suatu organisasi Waralaba tergantung dari penerapan Sistem/Metode Bisnis yang sama antara Pewaralaba dan Terwaralaba. Sistem bisnis tersebut berupa pedoman yang mencakup standarisasi produk, metode untuk mempersiapkan atau mengolah produk atau makanan, atau metode jasa, standar rupa dari fasilitas bisnis, standar periklanan, sistem reservasi, sistem akuntansi, kontrol persediaan, dan kebijakan dagang, dll.

Peluang bisnis franchise

Peluang bisnis franchise juga mengandung hal ketiga yaitu biaya (fees). Dalam setiap format bisnis Waralaba, sang Pewaralaba baik secara langsung atau tidak langsung menarik pembayaran dari Terwaralaba atas penggunaan merek dan atas partisipasi dalam sistem Waralaba yang dijalankan. Biaya biasanya terdiri atas Biaya Awal, Biaya Royalti, Biaya Jasa, Biaya Lisensi dan atau Biaya Pemasaran bersama. Biaya lainnya juga dapat berupa biaya atas jasa yang diberikan kepada Terwaralaba (misalnya biaya manajemen).

Karakteristik lain dari Waralaba adalah pihak-pihak yang terkait dalam Waralaba sifatnya berdiri sendiri. Terwaralaba berada dalam posisi independen terhadap Pewaralaba. Independen maksudnya adalah Terwaralaba berhak atas laba dari usaha yang dijalankannya, bertanggung jawab atas beban-beban usaha waralabanya sendiri (mis: pajak dan gaji pegawai).  Di luar itu, Terwaralaba terikat pada aturan dan perjanjian dengan Pewaralaba sesuai dengan kontrak yang disepakati bersama.

Peluang bisnis franchise juga membutuhkan beberapa hal, antara lain:

  1. SDM. Mayoritas franchisee (terutama pemula) adalah mereka yang tidak mempunyai waktu luang yang cukup untuk berbisnis. Oleh karena itu sangat diperlukan SDM yang terpecaya untuk mengelola bisnisnya tersebut.
  2. Lokasi. Sebelum menentukan jadi atau tidaknya mengambil salah satu usaha franchise, terlebih dahulu franchisee harus menemukan lokasi yang strategis untuk memulai usahanya. Untuk usaha makanan dan minuman ringan misalnya, sekolah dan kampus merupakan lokasi favorit.
  3. Jenis usaha. Carilah jenis usaha franchise yang cocok dengan lokasi anda berusaha. Dan juga akan lebih bagus lagi kalau Anda suka/hobi dengan jenis usaha tersebut.
  4. Kompetitor. Anda juga harus mengetahui keberadaan kompetitor anda. Anda harus tahu apakan di sekitar lokasi anda berbisnis terdapat kompetitor yang sejenis atau yang hampir sejenis atau tidak. Dengan mengetahui hal tersebut Anda akan mampu memilah jenis franchise yang ditawarkan.
  5. Sistem usaha. Pelajari sistem frachise yang ditawarakan dengan detail. Tanyalah apa saja yang Anda tidak mengerti. Karena kalau Anda sudah menandatangani surat perjanjian usaha, maka kekuatan hukum sistem itu akan mengikat, dan Anda mau tidak mau harus menjalani isi perjanjian tersebut. Kalau memang Anda merasa tidak cocok dengan sistem yang diberikan lebih baik anda memilih franchise yang lain yang mempunyai sistem yang menguntungkan Anda.
  6. Terbukti kualitasnya. Franchisor yang sudah terbukti kualitasnya, salah satunya dapat dilihat dari banyaknya cabang mereka. Disamping itu juga anda dapat melihat ulasannya di berbagai media atau sekedar komentar dari franchisee yang sudah dan sedang menggunakannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement