October 21 2014
  • 1
Jakarta, ID - 27 °CPartly Cloudy - Humidity: 79%
Advertisement

Peluang Bisnis Bimbingan Belajar Rumahan

By admin - Mon Jun 18, 5:04 pm

Peluang bisnis bimbingan belajar tidak hanya bisa dijalankan dalam bentuk franchise, karena Anda pun mampu membuka dengan kemampuan Anda sendiri. Peluang bisnis bimbingan belajar rumahan ini mungkin pada awalnya tidak mempunyai prestige seperti franchise bimbingan belajar yang sudah terkenal dan mempunyai beberapa cabang. Tetapi jika ditekuni, bisnis ini bisa sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu membagi keuntungan dengan pemilik merek dagang.

Peluang bisnis bimbingan belajar

Bisnis bimbingan belajar akan terus maju dan berkembang karena kebutuhan ilmu pengetahuan tidak aka nada matinya. Terlebih jika Anda mempunyai kemampuan untuk mengajarkan ilmu yang Anda miliki, peluang ini pasti akan mendatangkan pundi-pundi uang bagi Anda. Jaman sekarang, banyak sekali orang tua yang mengharuskan putra-putri mereka untuk belajar di bimbingan belajar di luar waktu sekolah. Karena mereka ingin meningkatkan kecerdasan putra-putri mereka. Peluang sudah ada, calon konsumen sudah mengantre, maka yang Anda butuhkan hanyalah kesiapan diri Anda. Anda harus mau dan mampu belajar tentang mata pelajaran yang Anda tawarkan.

Peluang bisnis bimbingan belajar rumahan ini bahkan bisa dijalankan apabila Anda masih duduk di bangku kuliah. Misalnya Anda mengambil jurusan Bahasa Inggris, Anda bisa mulai mengajar Bahasa Inggris sebagai guru private. Anda tetapkan tariff untuk masing-masing tingkatan kelas. Bisnis ini bahkan bisa dijalankan tanpa modal, karena ilmu pengetahuan yang Anda miliki merupakan modal utama Anda. Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyebarkan brosur di beberapa perumahan menengah ke atas. Cantumkan nama dan nomor telpon Anda. jangan lupa untuk memberikan desain yang menarik agar banyak orang yang tertarik. Anda tidak perlu membuat brosur full-color, cukup menarik saja dan informasi utama. Jika Anda kuliah di Universitas terkemuka, cantumkan juga di dalam brosur tersebut karena nama Universitas terkemuka akan menjadikan Anda semakin layak “jual”.

Ketika Anda sudah mempunyai satu atau dua murid, maka Anda juga bisa mempelajari kurikulum yang digunakan di beberapa sekolah. Biasanya, jika Anda berdedikasi baik dan anak-anak menyukai Anda, maka orang tua anak tersebut biasanya akan ikut merekomendasikan nama Anda pada teman-teman dan kenalannya. Dari sinilah Anda memperoleh keuntungan pemasaran dari mulut ke mulut. Dengan jumlah murid yang semakin banyak, Anda bisa mulai mengumpulkan pundi-pundi uang dan juga kemampuan mengajar pun akan semakin baik.

Peluang bisnis bimbingan belajar yang tadinya private dengan mendatangi rumah ke rumah, akhirnya bisa Anda kembangkan dengan membukan bimbingan belajar rumahan. Anda bisa memanfaatkan rumah Anda atau kontrakan Anda sebagai usaha ini. Untuk awal pendirian, Anda harus kembali menyebarkan brosur di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda dan juga di lingkungan perumahan menengah ke atas. Jangan lupa untuk meminta bantuan pada orang tua murid yang sudah percaya dengan kemampuan Anda untuk ikut mempromosikan usaha bimbingan belajar Anda.

Salah satu cara mencari murid yang efektif adalah dengan memberikan “students get students”, yang artinya jika murid Anda bisa mendapatkan temannya untuk belajar di bimbingan belajar Anda, dia mendapatkan diskon atau cash back sebesar 10% dari total biaya bimbingan selama satu bulan. Hal ini pasti akan membuat anak-anak bersemangat. Jangan lupa untuk melakukan pendekatan dari hati ke hati dengan komunikasi yang intensif kepada anak-anak didik Anda. Selain focus pada strategi marketing usaha Anda, Anda juga harus mampu menjaga kualitas bimbingan belajar Anda agar tetap memikat di hati konsumen. Jika Anda sudah mempunyai murid lebih dari 10 dan Anda sudah merasa kesulitan meng-handle, jangan paksakan untuk menangani mereka sendiri. Anda harus mencari partner yang mampu menjaga kualitas bimbingan belajar Anda agar semakin maju. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement