September 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 28 °CPartly Cloudy - Humidity: 74%
Advertisement

Peluang Bisnis Berbahan Dasar Pisang

By admin - Wed Aug 29, 4:25 pm

 

Bisnis berbahan dasar pisang mungkin sudah banyak yang tahu, tetapi masih belum banyak yang mengambilnya sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Bisnis berbahan dasar pisang bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan jika dilakukan dengan penuh kesungguhan dan profesionalisme. Terlebih jika Anda mempunyai kemampuan memasak dan menggemari kuliner. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapapun, baik Anda seorang mahasiswa yang ingin belajar mandiri, Ibu rumah tangga yang ingin berkreasi, atau karyawan yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Bisnis berbahan dasar pisang

Disela-sela kesibukan Anda, Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk memulai bisnis berbahan dasar pisang. Pisang adalah salah satu buah yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu untuk cemilan, makanan basah dan makanan berat. Jika Anda masih pesimis dengan kemampuan memasak dan mengolah bahan pisang, Anda bisa mengikuti kursus masak terlebih dahulu. Dari sana Anda akan mendapatkan berbagai tambahan pengetahuan dan resep untuk kemudian Anda praktikkan untuk membuat aneka macam kue basah berbahan dasar buah pisang.

Bisnis berbahan dasar pisang tergolong lancer karena pasokan buah pisang di Indonesia sangat melimpah dan tidak mengenal musim. Hal ini tentu saja menjadi jalan yang sangat memudahkan Anda untuk membuat buah pisang menjadi bahan baku bisnis Anda. Salah satu contoh produk olahan buah pisang yang bisa Anda kembangkan adalah banana cake. Jika untuk pertama kali mencoba usaha ini, Anda bisa membuatnya dan untuk dikonsumsi keluarga saja. Jika keluarga Anda memberikan respon positif, Anda bisa mulai menjualnya kepada para tetanggan dan teman Anda dengan harga promosi. Jika respon mereka positif, Anda bisa mulai mengembangkannya dan melakukan proses marketing. Sebaliknya, jika respon mereka masih negative, cari tahu apa saja yang masih kurang dan catat untuk perbaikan produk Anda dip roses pembuatan berikutnya.

Walaupun buah pisang sangat digemari oleh masyarakat luas dan produk banana cake juga banyak diminati, tetapi Anda juga harus melakukan inovasi terhadap produk Anda. Inovasi terhadap produk Anda akan memperkecil kompetisi di pasaran. Anda pasti sudah banyak menjumpai banana cake atau bolu pisang di pasaran. Kemudian Anda harus berpikir apa yang akan membuat banana cake buatan Anda berbeda dari banana cake yang ada di pasaran. Misalnya Anda membuat banana cake dengan beraneka ragam rasa dan memberikan tampilan yang menarik. Sehingga banana cake yang Anda produksi lebih cantik dan lebih menarik daripada milik para competitor yang lain.

Bisnis berbahan dasar pisang dengan inovasi yang update tentu akan menjadi suatu jenis usaha yang sangat menggiurkan. Karena masyarakat sekarang lebih cerdas dalam memilih suatu produk. Masyarakat akan mencari mana yang enak dengan tampilan yang cantik dan dengan harga yang bersaing juga tentunya. Dengan begitu, Anda juga harus mulai berpikir tentang cirri khas apa yang ingin Anda tonjolkan. Misalnya Anda menawarkan banana cake dengan bermacam rasa dan mmepunyai dua lapis. Sehingga ketika banana cake dipotong terlihat mempunyai dua lapisan yang memberikan varian rasa, misalnya choco chip, banana cake original, kismis, kacang, keju, kurma, potongan pisang, fruit mix dan lain sebagainya.

Jika produk unggulan Anda tersebut sudah sangat diminati oleh pasar, ada baiknya Anda juga mencoba memperkenalkan produk lain yang juga memanfaatkan bahan baku pisang. Mislanya banana cake brownies, banana oatmeal cookies, banana sus, banana sale keju, serta banana rainbow cake yang akhir-akhir ini sangat dicari oleh masyarakat Indonesia. Jangan lupa juga untuk membuat kemasan yang menarik. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement