July 24 2014
  • 1
Jakarta, ID - 30 °CPartly Cloudy - Humidity: 66%
Advertisement

Peluang Bisnis Alat Tulis Kantor dan Buku

By admin - Mon Jul 16, 4:37 pm

 

Peluang bisnis alat tulis kantor dan buku juga sangat potensial dikembangkan. Peluang bisnis alat tulis kantor dan buku bisa dikembangkan dengan sangat baik apabila Anda mempunyai lokasi usaha di dekat perkantoran maupun sekolah dan kampus. Karena pasti mereka membutuhkan perangkat atau alat tulis yang akan menunjang kegiatan sehai-hari mereka. Selain di dekat kampus, sekolah dan kantor, Anda juga bisa membuka toko ini di sekitar perumahan. Karena penduduk di sekitar perumahan, yang beragam profesinya, pasti juga membutuhkan buku, pulpen, buku agenda, gunting, tinta dan lain sebagainya.

Peluang bisnis alat tulis kantor dan buku

Berikut ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan melakukan beberapa hal berikut ini, yaitu:

  • Melakukan survey untuk bisa mencari tempat atau lokasi strategis. Misalnya sekitar kampus, tempat kursus dan sekolah.
  • Melakukan analisis terhadap barang-barang yang paling banyak dibutuhkan oleh konsumen.
  • Mempersiapkan sarana promosi kepada konsumen.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memulai sebuah usaha toko alat tulis kantor dan buku, yaitu sebagai berikut:

  • Sopan santun dan keramah-tamahan penjaga toko. Hal ini harus benar-benar diperhatikan dan dilakukan untuk menjaga kenyamanan konsumen ketika membeli barang di toko Anda. Yang harus diperhatikan adalah bahwa Anda harus membuat konsumen puas dengan palayanan dan produk yang Anda berikan.
  • Ciptakan cara agar penyimpanan barang atau display barang tertata rapi. Hal ini mempunyai dua fungsi utama, yaitu selain untuk menghindari sejumlah produk menjadi hilang juga akan menampilkan sesuatu yang rapi dan indah dilihat. Terlebih untuk produk-produk yang berukuran kecil, seperti pensil, pulpen, dan lain sebagainya.

Peluang bisnis alat tulis kantor dan buku juga harus ditunjang dengan strategi pemasaran atau promosi. Ada beberapa langkah promosi yang bisa Anda praktikkan untuk mampu meningkatkan penjualan dan memperkenalkan toko Anda kepada masyarakat, yaitu sebagai berikut:

  • Menjalin kerjasama dengan panitia penerimaan mahasiswa atau siswa baru. Kerjasama ini adalah dengan menginformasikan sang calon siswa atau mahasiswa tentang toko buku Anda. Bila perlu, Anda bisa memasang selebaran-selebaran di majalah dinding sekolah atau kampus. Selain itu, juga bisa memasang iklan di majalah sekolah atau kampus untuk jangkauan yang lebih luas.
  • Memanfaatkan momen-momen khusus. Misalnya pada saat penerimaan mahasiswa atau siswa baru atau pada saat book fair, dan lain sebagainya.
  • Melakukan promosi melalui media brosur kemudian menempelkannya di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat oleh banyak orang.

Selain itu, ada tantangan dan hambatan juga dalam menjalankan bisnis ini, yaitu biasanya sekitaran beberapa hal berikut ini:

  • Tantangan untuk bisa menemukan tempat untuk membeli bahan baku dengan harga miring. Karena kebanyakan yang ada sekarang, untuk alat kantor, harga grosir dan harga ecer kurang lebih sama atau minimal mempunyai selisih harga yang sangat sedikit. Jadi, Anda dituntut untuk lebih teliti dan pintar mencari mana yang paling murah agar profit Anda juga lebih tinggi.
  • Persaingan dari sekitaran toko Anda. karena biasanya di lokasi-lokasi strategis sudah ada beberapa toko sejenis. Untuk itulah Anda harus memastikan untuk memilih tempat dengan jarak radius tertentu yang belum ada toko sejenis Anda.

Peluang bisnis alat tulis kantor dan buku ini bisa Anda mulai dengan mencoba menghitung modal awal. Berikut adalah contoh penghitungan modal awal yang mudah-mudahan bisa membantu Anda.

A. Modal Awal
 

1. Peralatan

 

 - Renovasi Tempat

Rp.   3.000.000,00

 - Lemari etalase kaca

Rp.   1.000.000,00

 - Rak kayu dan meja display

Rp.   1.000.000,00

 - Meja kursi kasir

Rp.      300.000,00

 - Papan Nama

Rp.      100.000,00

   Jumlah

Rp.   6.400.000,00

Peralatan tersebut mengalami penyusutan selama empat tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1000,- . bila memenggunakan metode penyusutan dengan garis lurus.Biaya Penyusutan = (Rp. 6.400.000,00 – Rp.1.000,00) : 4 = Rp. 1.599.750,00 per tahun atau sama dengan Rp. 133.313,00 per bulan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement