November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Pelaku Usaha Online Wajib Punya Karakteristik Ini!

By admin - Fri Apr 19, 4:03 pm

Karakter pengusaha online tetap akan berpengaruh terhadap apa yang terjadi pada usaha tersebut. Karakter pengusaha online ini harus dikembangkan seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan rangkaian bisnis di internet. Pelaku usaha banyak yang menggunakan internet sebagai ajang untuk mempromosikan usahanya karena banyak masyarakat luas yang sudah bisa melihat peluang yang besar dari internet ini. Bisnis internet bisa dibilang mudah dan fleksibel dalam pelaksanaannya, jadi semua orang bisa memulainya dan tidak membutuhkan modal yang besar seperti usaha offline. Tetapi karena memang daya saingnya sangat tinggi dan tidak semua orang mempunyai perencanaan yang matang, maka tidak semua orang bisa bertahan di bisnis online ini. untuk itulah ketika kita ingin terjun ke dunia usaha, kita butuh mental yang kuat agar bisa bersaing secara sehat dan kuat di bisnis online. Lalu, ini dia karakteristik ideal seorang pelaku usaha online:

Karakter pengusaha online

  • Mempunyai passion yang kuat. Seorang pelaku bisnis di dunia online harus bisa menjalankan usahanya berdasarkan kecintaan yang dimilikinya terhadap usaha tersebut. Karena dengan menjual produk sesuai dengan passion, maka Anda akan lebih mudah untuk bisa menikmati bisnis yang Anda jalankan. Dan jika Anda menjual produk atau jasa dengan penuh rasa cinta, maka Anda akan menjadi penjual yang benar-benar paham pada usaha anda. Dengan begitu, Anda bisa meyakinkan konsumen dan mengajak mereka untuk membeli produk Anda. Nilai tambah yang bisa Anda berikan pada produk yang sesuai dengan passion Anda adalah Anda juga bisa memberikan layanan konsultasi pra dan pasca pembelian. Menarik bukan?
  • Lihatlah dari sudut pandang yang berbeda. Karakter pengusaha online harus mampu melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Suksesnya sebuah usaha bisa dilihat dari tingkat kepercayaan konsumen, terlebih untuk usaha di dunia internet. Kepercayaan adalah hal yang paling krusial. Sehingga jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis ini, Anda harus bisa mengerti seperti apa keinginan, harapan dan kebutuhan para konsumen Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memberikan apa yang mereka inginkan dan butuhkan tersebut dengan mudah dan tepat. Jadi, jika Anda sudah mempunyai gambaran tentang produk atau jasa yang ingin Anda jual, kemudian pikirkan tentang strategi pemasaran yang menarik minat konsumen.
  • Visioner. Selain memikirkan bisnis dalam waktu dekat, seorang pelaku usaha juga harus mampu memikirkan tentang masa depan usahanya. Seorang pelaku usaha harus mempunyai sifat visioner untuk bisa mendapatkan tujuan yang pasti. Dengan adanya visi jangka pendek dan panjang, Anda akan lebih mudah untuk menyusun langkah-langkah di dalam bisnis Anda, misalnya dalam jangka waktu satu tahun, dua tahun, dan seterusnya. Hal ini untuk mengukur target kesuksesan yang harus Anda capai.
  • Fokus. Karakter pengusaha online yang satu ini akan memudahkan Anda untuk membuat strategi yang bisa mengembangkan usaha online Anda. Selain fokus pada produk atau jasa yang Anda jual, Anda juga harus fokus terhadap konsumen Anda. Misalnya menentukan cara untuk menarik hati konsumen dan membuat mereka tetap loyal terhadap produk Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS