November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Para Pelaku Pasar harus Punya Selling Skill

By admin - Tue Oct 16, 5:06 pm

Selling skill atau keterampilan dalam menjual sebuah produk harus dimiliki oleh para pelaku usaha, walaupun pelaku usaha kecil. Selling skill sangat penting untuk mencapai puncak kesuksesan. Karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa dunia usaha sangat berkaitan erat dengan teknik marketing. Setiap usaha apapun membutuhkan marketing agar bisa mencapai puncak kesuksesan. Dan apabila strategi pemasaran yang dijalankan lancar, bisa dipastikan jika bisnis Anda juga bisa berkembang dengan pesat. Dan demikian juga sebaliknya. Jika strategi pemasaran yang Anda jalankan memang kurang efektif, maka tidak akan menutup kemungkinan jika bisnis yang Anda jalankan nantinya tinggal menunggu waktu untuk karam di tengah ketatnya persaingan pasar.

Selling skillNah, untuk menghindari ancaman karamnya usaha Anda, berikut 5 selling skill yang harus Anda Anda ketahui karena memang selling ini akan Anda butuhkan untuk meningkatkan banyak penjualan:

Pertama, Anda mudah beradaptasi dengan keinginan para konsumen. Anda sebagai seorang penjual pastilah sering menemui berbagai macam karakter konsumen yang berbeda-beda dan dengan keinginan yang beragam. Tidak hanya itu saja, karena setiap konsumen juga tentunya menginginkan produk yang bisa memenuhi keinginan dan kebutuhannya tersebut. Untuk itulah, Anda sebagai pelaku usaha atau produsen harus bisa mengerti keinginan dan kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda bisa dengan lebih mudah beradaptasi dengan keinginan para konsumen dan berusaha untuk mewujudkannya dan kemudian meningkatkan loyalitas konsumen Anda. Jadi, loyalitas konsumen itu berawal dari kemampuan Anda untuk memanjakan mereka.

Selling skill yang kedua, menghadapi konsumen tidak boleh mudah emosi. Kita pastinya sudah tahu bahwa ada banyak sekali jenis konsumen yang terkadang menguji kesabaran Anda sebagai produsen. Anda bisa menemukan perilaku konsumen yang kritikus, agresif, konsumen yang pasif dan juga konsumen yang ramah. Semua jenis konsumen harus bisa Anda tangani dengan baik. Itulah sebabnya Anda dituntut untuk bisa bersikap lebih bijaksana dan bisa mengesampingkan emosi Anda. Untuk menghadapi konsumen, Anda tidak boleh melibatkan emosi. Karena emosi hanya akan memberikan citra buruk pada Anda dan juga pada perusahaan Anda. Hal ini tentunya menurunkan kredibilitas brand Anda.

Ketiga, mampu membangun proses pemasaran yang efektif. Walaupun Anda merupakan seorang penjual dan masyarakat merupakan target pasar yang Anda bidik, tetapi Anda jangan langsung bersikap semaunya sendiri. Anda tidak boleh berlaku cuek dan membatasi komunikasi yang terbangun antara Anda sebagai produsen dengan pembeli sebagai konsumen. Anda harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Jika perlu, jadilah sahabat bagi para konsumen Anda agar kedepannya Anda bisa mengetahui keinginan, kebutuhan dan juga permintaan para konsumen.

Selling skill yang keempat, mempunyai cara yang efektif untuk bisa menghubungi para konsumennya. Selain Anda jago dalam memikat calon konsumen, tentunya Anda sebagai pelaku usaha juga harus handal dalam melakukan follow up calon konsumen Anda. Anda bisa menggunakan cara-cara efektif agar bisa memikat hati para konsumen tetapi tanpa terkesan memaksa calon konsumen Anda. Misalnya seperti menghubungi mereka pada waktu santai dan menggunakan bahasa yang bersahabat. Hal ini akan membuat konsumen memberikan respon positif pada Anda.

Kelima, dengan melibatkan konsumen untuk membuktikan langsung kelebihan produk yang Anda miliki. Karena konsumen di pasaran sekarang sudah mulai cerdas, Anda juga harus mulai selektif dalam menanggapi penawaran. Anda dan para karyawan harus pintar dalam meyakinkan calon konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS