November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Panduan Mengenal dan Mengembangkan Potensi Diri

By admin - Wed May 23, 4:58 pm

Potensi diri harus dikenali dan dikembangkan agar bisa sangat menguntungkan. Potensi diri sebenarnya bisa digali dan diketahui dengan menjawab beberapa panduan pertanyaan di bawah ini. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri. Karena dengan mengenali diri sendiri, seseorang akan semakin dapat mencintai dirinya sendiri, menerima segala potensi (kelebihan dan kekurangan) dan juga berani untuk mengembangkannya.

Potensi diri

Panduan pertama adalah “who am I?” Pertanyaaan ini adalah yang paling mendasar yang perlu ditanyakan. Jawaban yang diharapkan bukan hanya sekedar jawaban seperti nama, umur, jenis kelamin, anak keberapa, anak siapa, dan sebagainya. Jawaban yang diharapkan adalah jawaban yang menunjukkan siapa diri kita, pribadi seperti apakah kita. Gunakan pertanyaan ini untuk menantang diri sendiri untuk benar-benar memeriksa apa yang telah ada dalam diri kita sejak lahir sampai sekarang. Panduan kedua adalah “why am I here?” Cari tahu dan temukan alasan mengapa kita dilahirkan di dunia ini. Dengan menemukan alasan mengapa kita hidup, kita memiliki kekuatan untuk tetap bersemangat dalam hidup; membangun keselarasan dengan Pencipta, sesama, dan alam semesta.

Potensi diri bisa dilihat dari panduan pertanyaan yang ketiga, yaitu “am I living out my dreams? Do I have dreams? If not, why?” Ini adalah poin yang paling penting, mimpi! Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Kunci yang akan mengarahkan perjalanan selanjutnya dalam kehidupan kita. Jangan biarkan mimpimu berlalu begitu saja. Ambil resiko dan berlarilah. Hidup tanpa mimpi ibarat kapal berlayar tanpa arah. Bermimpi tanpa berusaha ibarat mau berlari tanpa mau merasa lelah.

Panduan pertanyaan keempat adalah “am I doing what I want to be doing with my life?” Daripada sekedar berharap mimpi Anda bisa menjadi kenyataan, kenapa tidak mengatakan "Saya akan berusaha dan berencana untuk membuat impian menjadi kenyataan". Jangan biarkan mimpi tetap tinggal sebagai mimpi. Bawa mimpi Anda menjadi nyata dalam kehidupan Anda. Pertanyaan kelima adalah “am I living a life based on other people’s axpectations?” Lakukan apa yang perlu dilakukan, dan bukan apa orang lain ingin supaya Anda lakukan. Ingat bahwa mimpi dan harapan harus datang dari diri sendiri dan tidak dari orang lain. Setiap dari kita adalah juru kunci sekaligus pengendali utama. 

Potensi diri juga bisa dilihat dari jawaban atas pertanyaan keenam, yaitu “am I happy? If yes, why am I happy? If not, why?” Setiap orang memiliki pemaknaan dan pengertian tersendiri tentang kebahagiaan; bisa jadi sama dengan yang lain, atau malah berbeda. Yang selalu pasti sama adalah bahwa kebahagiaan tidak pernah berasal dari luar diri kita. Pertanyaan ketujuh adalah “is my present situation based on a risk taken or on an opportunity provided?” Pertanyaan selanjutnya tentang situasi saat ini; apakah itu berasal dari peluang yang ada atau dari keberanian mengambil risiko? Muara dari pertanyaan di atas adalah tentang pilihan. Keberanian untuk memilih dan kesungguhan untuk mempertanggungjawabkan pilihan membuat hidup ini menjadi lebih seru daripada hanya mengikuti setiap kesempatan yang ada tanpa pernah sungguh-sungguh memilihnya.

Pertanyaan kedelapan adalah “where do I expect to be in the next 10 to 15 years?” Bagi yang belum ketemu bayangan apa yang akan terjadi, inilah saatnya untuk mulai menetapkan arah dan mulai melangkah. Pertanyaan kesembilan adalah “have I maintained a system of values and standards to govern my life?” Sadar atau tidak, Motto atau kata-kata mutiara yang kita pilih dan kita miliki adalah 'nilai' atau 'standar' atau acuan yang kita pakai dalam menjalani hidup. Pertanyaan ke sepuluh adalah “am I a consumer or a provider? Do I know the difference between the two?” Seorang konsumen cenderung untuk selalu menggunakan (mengambil). Sementara, penyedia (provider) selalu berusaha untuk menyediakan (memberi).

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS