November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Panduan Memulai Bisnis Sampingan

By admin - Fri May 04, 4:19 pm

Bisnis sampingan memang sangat dibutuhkan untuk menopang kehidupan Anda. Bisnis sampingan banyak dicari karena upah minimum standard pemerintah dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan dan menabung. Kebutuhan hidup semakin lama semakin besar, kondisi ekonomi semakin memberatkan bagi mereka yang penghasilannya hanya berharap dari gaji karyawan atau kepegawaiannya. Menjadi polemik atau dilematis bila pilihan usaha tambahan merepotkan pekerjaan utama, karena itu kita harus pintar memilih usaha tambahan tersebut agar tidak mengganggu pekerjaan utama.

Bisnis sampingan

Setiap kita tentu menginginkan memiliki usaha sendiri agar lebih mandiri. Namun keterbatasan dana menyebabkan terhambatnya keinginan tersebut. Sekarang adakah peluang usaha tambahan sementara usaha tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama kita selama ini. karena bila salah memilih bisa mengakibatkan terbengkalainya pekerjaan utama? Lalu bagaimana memilih peluang usaha tambahan tersebut? Ini adalah beberapa pengalaman teman-teman dan kerabat penulis, namun usaha atau pekerjaan tambahan ini tentu saja membuat anda harus mengurangi jam tidur.

Bisnis sampingan yang saat ini sedang gencar diberitakan dan dicari oleh sebagian besar masyarakat adalah bisnis online. Untuk memilih salah satu peluang bisnis sampingan tersebut, coba gali bakat Anda. Siapapun tentu mempunyai hobi, baik itu sama dengan orang lain maupun tidak. Mencari Penghasilan Tambahan sebetulnya tidak sulit. Yang penting Anda punya kemauan. Bila Anda tidak memiliki kemauan untuk mau mendapatkan penghasilan tambahan, maka cara apa pun yang ditunjukkan kepada Anda akan sulit Anda terima. Jadi, semua berawal dari kemauan. Jika memang tidak ada kemauan maka keadaan Anda tetap seperti sekarang. Tapi bila Anda memang mau, Anda punya 4 pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti di atas. Silakan pilih yang mana. 


Kemudian, kenapa Anda tidak mencoba menjalankan sebuah usaha sampingan? Anda bisa membuka toko atau warung. Anda bisa buka biro jasa yang menjual segala macam jasa. Mungkin juga sebuah usaha jahitan. Kenapa Anda tidak mencobanya? Yang penting di sini, usaha sampingan tersebut suatu saat kelak bisa Anda serahkan pengelolaannya kepada anak buah yang Anda percayai, sehingga Anda tidak perlu terlibat terus di dalamnya seumur hidup Anda. Toko misalnya. Anda mungkin bisa membuka sebuah toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Setelah beberapa bulan, Anda kan bisa menyerahkan pengelolaannya kepada anak buah Anda (yang Anda gaji tentunya), sehingga Anda bisa enak nonton teve di rumah tapi bisa tetap mendapatkan hasil keuntungan dari toko tersebut tiap bulannya. Inilah yang menjadi kelebihan dari menjalankan usaha sendiri.

Bisnis sampingan tidak selalu membutuhkan modal besar. Mungkin Anda masih berpikir bahwa untuk bisa berhasil dalam usaha perlu modal uang yang cukup besar. Tapi Anda boleh tidak percaya, kesuksesan sebuah usaha seringkali tidak tergantung pada besarnya modal Anda. Silakan toleh di sekeliling Anda, ada banyak orang yang berhasil dalam usahanya dengan modal yang hanya sedikit. Yang paling penting di sini adalah ide.

Ada memang beberapa usaha yang membutuhkan modal awal yang cukup besar, tapi banyak juga bidang usaha yang tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar. Yang paling penting di sini adalah bagaimana Anda bisa "mengakali" jumlah uang yang Anda miliki sekarang agar cukup untuk bisa menjalankan ide bisnis di kepala Anda. Dengan menjalankan sebuah usaha, Anda otomatis lebih terlatih untuk bisa mandiri dan bertahan hidup. Itulah yang menjadi salah satu kelebihan lain dari menjalankan usaha sendiri.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS