August 29 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CHaze - Humidity: 83%
Advertisement

Panduan Membuka Klinik Kesehatan

By admin - Mon May 14, 5:26 pm

Klinik kesehatan akhir-akhir ini memang menjamur, tetapi kebutuhan masyarakat terhadapnya juga sangat tinggi. Klinik kesehatan dalam proses pembuatannya memang mudah-mudah susah. Mudah, asal punya modal dan kemauan untuk berwirausaha. Susah, jika tidak punya modal dan kemauan untuk berkembang. Disini terlihat dua factor utama, modal dan kemauan.

Klinik kesehatan

Faktor utama yang pertama adalah kemauan. Kemauan adalah suatu modal yang dipunyai oleh siapapun. Baik orang kaya dan orang miskin. Orang Baik dan orang jahat. Orang beruntung dan orang sial. Pokoknya semua orang punya modal satu ini. Nah besarnya modal tergantung masing-masing orang. Makin diasah, modalnya makin besar. Kalau dibiarin maka makin kecil alias makin ilang. Modal inilah yang menjadi modal utama untuk sukses. Kemauan yang keras untuk sukses menjadi jalan utama keberhasilan.

Klinik kesehatan dalam prosesnya juga membutuhkan factor utama yang kedua, yaitu modal. Modal yang kedua ini adalah modal dalam bentuk barang atau uang. Bisa rumah, bisa uang cash, bisa kredit bank, atau sumber keuangan lainnya. Namun modal ini bukanlah modal utama. Memang banyak yang mengeluh ketika pertama kali usaha atau mencoba usaha, tidak punya modal baik barang atau uang. Dan akhirnya tidak jadi berusaha. Namun kalau modal kemauan itu sudah besar dan memang modal kemauan ini yang sangat menentukan, maka wirausaha pasti jadi. Ketiadaan modal uang bisa diakali dengan joint atau bergabung dengan orang lain yang mempunyai modal besar tapi tdk punya modal kemauan atau manajemen. Tidak punya rumah untuk usaha, bisa diakali dengan meminjam atau menyewa ke orang dengan barter keuntungan jika memeng kita gak ada dana untuk menyewa. Pokoknya ada 1001 cara untuk memulai usaha asal punya modal kemauan yang besar.

Berikut adalah beberapa langkah jitu untuk membuka klinik Anda. Langkah pertama adalah perencanaan yang matang. Langkah ini akan menentuka kesuksesan Anda. Ada 3 perencanaan awal yang bisa Anda telusuri, yaitu:

  1. Jenis klinik. Klinik yang akan dibangun tentu harus punya keunikan. Karena tanpa keunikan, tentu saja tidak akan ada artinya. Kekhasan Anda bisa dimulai dengan segmen klinik Anda.
  2. Jenis kepemilikan atau modal usaha. Anda masih punya modal kemauan. Kalau modal ini besar, modal uang atau barang bisa menyesuaikan. Tidak ada uang atau barang pun, asal ada kemauan masih bisa jalan. Kemauan ini akan merangsang otak Anda untuk berfikir bagaimana memulai usaha Anda itu.
  3. Lokasi. Lokasi memang menentukan tapi tidak sangat menentukan. Karena pada kenyataannya, lokasi yang kurang bagus namun dokter yang kualified, bisa membuat pasien berduyung-duyung ke tempat Anda. Lokasi yang kurang bagus, servis atau jenis klinik yang beda, bisa juga membuat pasien memburu klinik Anda. Jadi disini bisa lokasi tidak sangat menentukan tapi masih dibutuhkan untuk positioning Anda. Jangan lupa, perhatikan radius anda. Jika 50 meter sudah ada klinik lain, apalagi membidik segmen yang sama, sebaiknya Anda cari lokasi lain. Namun jika klinik itu bermain di segmen yang berbeda, jangan takut. Masuk dan bersainglah secara sehat karena segmennya beda.

Klinik kesehatan juga membutuhkan langkah kedua, yaitu bangunan klinik, cerminan masa depan. Bangunan klinik saat ini sedikit banyak menentukan kesuksesan Anda. Dan masalah fisik bangunan ini, tergantung juga dengan segmen Anda. Jika Anda menyukai segmen yang menengah bawah, membidik pasar orang-orang tidak mampu, tentu Anda cukup membuat klinik yang simple saja. Bersih, pelayanan cepat, harga murah, obat generik tapi asli, cukup bisa menarik orang-orang dari segmen ini. Mereka akan berduyung-duyung ke lokasi anda bila anda menjalankan secara konsisten. Kalau Anda membidik segmen menengah, kelas para eksekutif muda, sebaiknya buat bangunan yang minimalis, modern, dan nyaman. Buatlah kesan mereka sedang melakuakn terapi di lokasi yang sesuai dengan imej mereka.

Langkah ketiga yaitu biaya-biaya operasional. Langkah keempat yaitu system manajemen klinik yang terdiri dari:

  1. Sumber daya manusia.
  2. SOP dan system perusahaan.
  3. Marketing.
  4. Keuangan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement