December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Omzet Naik? Hati-Hati Mengatur keuangan Anda

By admin1 - Thu Apr 24, 4:57 pm

Mengatur keuangan sudah seperti tumpuan untuk menjalankan sebuah bisnis. Mengatur keuangan agar rapi tidak hanya ketika omzet sedang sepi dan keteteran ketika omzet sedang naik. Berhati-hatilah karena banyak yang mengalami hal ini, terutama mereka yang masih menjalankan usaha skala kecil menengah sehingga belum ada karyawan khusus yang menangani pembukuan bisnis. Selain itu, ketika mendapatkan omzet yang besar, tidak jarang para pelaku bisnis ini malah kalap dan membelanjakan keuntungan tersebut tanpa membuat pembukuan dan tanpa memperhitungkan aspek manfaatnya.

Mengatur keuanganKebiasaan konsumtif seringkali membunuh pelaku usaha secara perlahan. Keuntungan yang didapatkan dari omzet yang naik hanya dinikmati sekejap saja dan tanpa jejak di rekening terlalu lama. Jika Anda mempunyai usaha, baik kecil maupun besar, sebaiknya menghindari hal ini. Karena omzet yang naik bukanlah sarana untuk berfoya-foya dan menganggap Anda sudah sukses besar sehingga butuh ‘hiburan’. Sejatinya, omzet yang naik pun butuh diatur agar lebih menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi dengan cara memproduksi produk yang lebih banyak dan variatif lagi.

Nah untuk mengelola keuangan ketika omzet usaha Anda sedang naik, ini dia tipsnya:

  1. Rancang perencanaan sedini mungkin. Mengatur keuangan ketika masih belum merasakan kesuksesan bisnis (awal berdirinya usaha) bisa menghindarkan Anda dari sifat konsumtif. Karena kita membuat perencanaan pada saat omzet naik, maka kita akan tergoda untuk membeli ini dan itu yang sebenarnya tidak begitu penting untuk usaha kita.
  2. Rancang pemetaan anggaran pendapatan dan belanja. Fungsinya adalah untuk memperkirakan income yang akan Anda terima dalam setahun dan juga memetakan pengeluaran apa saja yang akan Anda keluarkan dalam setahun tersebut. Pemetaan ini akan memudahkan Anda untuk mengatur arus kas pada setiap bulannya. Jadi ketika suatu saat ada outcome yang besar tetap tidak akan berpengaruh pada kas bulanan usaha Anda.
  3. Siapkan anggaran untuk melunasi hutang. Ketika Anda mendapatkan omzet yang besar, jangan lupa menganggarkannya untuk melunasi sebagian besar hutang Anda. Jangan hanya terfokus pada rencana invansi bisnis saja tetapi Anda juga harus berusaha untuk melunasi hutang yang ada.
  4. Anggarkan untuk dana darurat. Jika Anda tidak mempunyai hutang yang besar, sebaiknya uang dari omzet tersebut Anda sisihkan untuk dana darurat jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Dana darurat ini biasanya 3-6 kali biaya operasional yang Anda keluarkan di setiap bulannya.
  5. Meningkatkan investasi. Mengatur keuangan ketika omzet sedang naik harusnya juga meningkatkan investasi Anda. hal ini untuk rencana jangka panjang usaha Anda dan bisa juga digunakan ketika sedang dalam kondisi mendesak.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513