December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

NAB Reksadana Saham

By admin - Wed Jun 13, 5:34 pm

NAB reksadana saham tentu mempengaruhi keputusan untuk bertransaksi. NAB reksadana saham mempengaruhi nilai return yang akan Anda ambil nantinya. Karena pada hakikatnya, manajer investasi mempunyai tugas untuk mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan kemudian merealisasikan keuntungan maupun kerugian. Selain itu, menerima dividen atau bunga yang dibukukan ke dalam Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksadana tersebut.

NAB reksadana saham

NAB atau Nilai Aktiva Bersih adalah salah satu tolok ukur untuk memantau hasil dari suatu reksadana. Sedangkan NAB per saham/unit penyertaan adalah harga wajar dari portofolio suatu reksadana setelah dikurangi biaya operasional. Baru kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut. Setelah Anda mengetahui tentang data-data yang harus Anda pelajari dan ketahui, Anda juga harus mengerti tentang bagaimana cara yang pintar untuk memulai investasi. Jika Anda ingin memantapkan ilmu yang telah Anda miliki untuk bermain dengan reksadana, Anda bisa mengikuti berbagai seminar, workshop dan juga edukasi tentang perencanaan keuangan ini.

NAB reksadana saham harus diperhatikan dengan seksama dan dengan cara yang pintar. Jadi, ketika Anda membuat keputusan untuk berinvestasi, Anda bisa membuatnya nyata dan terukur. Tujuan investasi harus Anda pikirkan matang-matang agar Anda mempunyai kemungkinan yang matang untuk melangkah dan memainkan dana investasi Anda. Karena jika tujuannya saja abstrak, maka pencapaiannya juga hanya akan berada di awing-awang. Prinsip yang harus Anda gunakan untuk bermain dengan reksadana adalah prinsip SMART.

SMART adalah Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Time Bound. Berikut adalah beberapa tujuan yang bisa Anda terapkan dengan prinsip SMART dengan mengetahui tujuan investasi adalah untuk mempersiapkan anak untuk menjadi pilot.

  • S= nama sekolah dan jurusan jelas yang menjadi tujuan.
  • M= buatlah target secara financial yang bisa diukur, misalnya jumlah dana yang harus disiapkan.
  • A= hitunglah berapa jumlah dana yang harus diinvestasikan, berapa lama dan pada produk investasi apa untuk bisa mencapai tujuan tersebut.
  • R= tujuan harus relevan. Tujuan Anda harus relevan dengan minat anak Anda.
  • T= waktu. Anda harus menetapkan batasan waktu yang jelas dan disiplin dalam menjalankannya.

NAB reksadana saham juga harus dipilih secara SMART. Anda harus mempertimbangkan profil resiko saja. Beberapa unsur yang harus Anda pertimbangkan meliputi profil resiko, kemampuan financial dan juga urgensi dari suatu tujuan investasi. Misalnya Anda menginginkan anak Anda untuk bersekolah tinggi sampai ke luar Negeri, maka Anda harus mempersiapkan sejak dini dana investasi ahat nanti setelah waktu anak Anda mencapai usia sekolah, Anda akan mampu membuatnya meraih sekolah impiannya.

Selama ini, pemilihan reksa dana selalu didasarkan pada profil risiko. Hal ini sebenarnya tidak salah mengingat kemampuan satu orang investor menangani risiko berbeda dengan investor lainnya. Namun ketika Anda mempunyai tujuan yang jelas, terkadang profil risiko saja tidak cukup. Ada kondisi dimana investor harus berani mengambil risiko yang lebih tinggi karena keterbatasan kemampuan finansial, ada pula kondisi dimana investor sebetulnya boleh mengambil reksa dana dengan risiko yang lebih rendah untuk meningkatkan persentase keberhasilan pencapaian tujuan investasi karena memiliki tingakt urgensi yang tinggi. Hal ini baru bisa tercapai apabila investor memiliki tujuan yang jelas. Bagi investor yang berinvestasi dengan tujuan yang SMART, maka perhatian investor sudah bergeser dari fluktuasi harga menjadi bisa tercapai atau tidaknya suatu tujuan investasi. Berdasarkan hal tersebut, investor dengan mudah bisa memutuskan kapan untuk masuk atau keluar dari pasar ataupun kapan saatnya untuk mengganti reksa dana tersebut dengan reksa dana lain.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS