December 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

NAB Reksadana Campuran dan Biaya-Biaya Lainnya

By admin - Fri Jun 15, 8:44 am

NAB reksadana campuran tentu saja berbeda dengan NAB reksadana yang lain. NAB reksadana campuran difungsikan untuk mengukur kinerja suatu reksadana. Jadi, sebelum melakukan transaksi jual beli, bisanya reksadana tersebut sudah mempunyai benchmark/ pembanding. Jika jenisnya adalah reksadana pasar uang, yang dibandingkan biasanya adalah tingkat rata-rata bunga deposito Bank Pemerintah selama 3 bulan.

nab reksadana campuran

Sedangkan untuk reksadana pendapatan tetap, pembandingnya adalah return. Jadi, reksadana pendapatan tetap tidak akan dibandingkan dengan obligasi pemerintah maupun korporasi. Kemudian untuk reksadana saham akan dibandingkan dengan kinerja dari IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Langkah-langkah perencanaan keuangan harus diperhatikan secara matang sebelum Anda memilih untuk masuk ke reksadana tertentu. Anda harus benar-benar karena pada dasarnya, perencanaan yang matang juga akan menghasilkan return yang maksimal.

NAB reksadana campuran bisa Anda lihat di media online maupun di media cetak untuk update terbaru. Untuk beberapa biaya reksadana yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut. Pertama adalah biaya pembelian. Biaya pembelian adalah biaya yang dikenakan setiap kali Anda membeli reksadana. Ketika memilih biaya pembelian ini, Anda bisa memilih beberapa alternative. Yaitu Anda bisa menambahkan sejumlah uang sebesar biaya pembelian maupun Anda bisa meminta biaya pembiayaan ini dipotong dari investasi yang Anda tentukan. Dan besarnya biaya ini tergantung dari masing-masing produk reksadana yang Anda ingin beli.

Kedua adalah biaya penjualan kembali. Biaya ini akan dikenakan pada saat Anda mencairkan reksadana Anda. Jadi, nantinya ketika Anda mencairkan dana reksadana, maka biaya ini akan langsung dipotong. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk melakukan pembayaran apapun lagi. Untuk besaran nilai juga tergantung dari jenis reksadana yang Anda pilih. Biasanya untuk reksadana pasar uang, tidak dikenakan biaya beli maupun jual.

NAB reksadana campuran, saham dan pendapatan tetap ini besarnya biaya akan ditentukan oleh jangka waktu investasi yang Anda tempuh. Jenis biaya yang ke tiga adalah biaya imbal jasa manajer investasi. Biaya ini akan diberikan kepada manajer investasi sebagai jasa maupun imbalan dalam melakukan pengelolaan reksadana. Jadi, nantinya biaya ini akan dihitung setiap hari berdasarkan NAB reksadana yang berlaku pada saat itu. Tetapi Anda tidak perlu capek-capek menghitung biaya ini setiap harinya karena bank custodian lah yang akan menghitungnya dan membebankannya pada NAB. Sehingga besaran biaya ini sudah tercermin dalam NAB per unit yang diterbtkan setiap hari.

Jenis biaya yang keempat adalah biaya imbal jasa Bank Kustodian. Biaya ini akan diberikan kepada bank custodian sebagai imbalan atas jasanya dalam melakukan administrasi reksadana. Biaya ini juga tidak perlu Anda hitung sendiri. Karena biaya ini dihitung berdasarkan NAB reksadana setiap hari. Biaya ini juga sudah tercermin dalam NAB per unit setiap hari. Selain mengenal jenis-jenis biaya yang harus Anda keluarkan, Anda juga harus mengetahui tentang prospectus. Karena memang Anda harus mengetahu tentang unsure resiko. Itulah sebabnya Bapepam mewajibkan setiap produk reksadana untuk memiliki prospectus. Prospektus ini berisi tentang beberapa informasi penting yang akan Anda butuhkan untuk memutuskan berinvestasi ke reksadana. Anda bisa klik salah satu prospectus reksadana Anda untuk mengetahui lebih dalam tentang contoh prospectus. Jika Anda berpikir bahwa investasi reksadana adalah jenis investasi yang njelimet, maka Anda bisa saja benar. Karena setiap investasi mempunyai resiko dan Anda diwajibkan untuk berhati-hati dengan dana investasi Anda. Maka Anda harus mengetahui setiap seluk-beluk reksadana.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS