November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Munculkan Rasa Penasaran Pada Konsumen

By admin - Fri Oct 19, 4:16 pm

Rasa penasaran pada konsumen bisa Anda dapatkan melalui strategi pemasaran kreatif. Rasa penasaran yang tinggi dari konsumen nantinya akan berimbas positif pada produk atau jasa yang Anda tawarkan. Semakin maraknya persaingan dan pertumbuhan bisnis di berbagai penjuru Nusantara dan dunia mengharuskan Anda untuk bersikap lebih agresif tetapi tidak secara terang-terangan dalam memasarkan produk dan jasa Anda. Karena dengan semakin ketatnya persaingan yang ada di pasar mengharuskan Anda selalu menghadapi tantangan baru.

Rasa penasaranNah, untuk menghadapi tantangan baru ini, Anda harus bisa merencanakan strategi promosi yang matang. Karena jika Anda menggunakan strategi promosi yang sama dengan kebanyakan pelaku usaha yang lain maka dampak penjualan yang akan Anda dapatkan juga tidak bisa bersaing atau bahkan kurang memuaskan. Untuk itulah, ide kreatif sangat dibutuhkan di dalam marketing sebuah produk. Memang untuk kegiatan promosi mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya tambahan. Dan resiko kerugian tentunya tidak bisa begitu saja dihindarkan dari bisnis apapun yang Anda jalankan. Nah, untuk menghindari atau minimal mengurangi resiko kerugian ini, berikut beberapa strategi pemasaran kreatif yang bisa Anda jalankan untuk memancing rasa penasaran konsumen Anda.

Rasa penasaran konsumen bisa diraih dengan menggunakan strategi kreatif yang pertama, yaitu dengan memberikan keuntungan bagi para konsumen Anda. Karena memang pada prinsipnya, setiap konsumen akan merasa sangat bahagia jika mendapatkan banyak keuntungan dari apapun, misalnya dari produk yang dibeli atau dari transaksi pembelian yang dilakukannya. Untuk itulah, sebaiknya Anda memberikan keuntungan yang lebih pada para konsumen Anda. Tujuannya adalah agar mereka menjadi lebih loyal kepada Anda dan produk atau jasa Anda. Anda bisa menjalankan strategi ini dengan memberikan penawaran khusus, misalnya voucher belanja dengan syarat tertentu, buy one get one, dan lain sebagainya.

Kedua, berikan bonus gratisan agar Anda bisa menarik minat konsumen. And abisa memberikan gratisan ini sejumlah nominal tertentu dan dengan syarat tertentu. Misalnya untuk usaha sembako, Anda memberikan layanan antar gratis dan lain sebagainya. Kemudahan-kemudahan yang Anda berikan pada konsumen akan membuat mereka lebih loyal dan setia pada produk Anda.

Ketiga, tawarkan hadiah menarik untuk bisa menjaring lebih banyak konsumen. Karena dari dulu sampai sekarang, pemberian iming-iming hadiah selalu menarik banyak konsumen baru atau meningkatkan keloyalan pelanggan. Bahkan sekarang tidak jarang konsumen yang sengaja memborong barang agar bisa mendapatkan hadiah tertentu, dan lain sebagainya. Hasrat haus akan hadiah dari konsumen harus Anda ambil sebagai peluang manis. Karena walaupun hadiahnya sederhana, konsumen akan tetap mengejarnya. Misalnya Anda memberikan hadiah paying untuk pembelian produk tertentu, dan lain sebagainya.

Rasa penasaran konsumen juga bisa Anda gaet dengan strategi pemasaran yang keempat, yaitu dengan memanfaatkan infonet untuk media pemasaran. Ketika kita memasuki era serba digital seperti sekarang, kita sebagai para pelaku usaha juga dituntut untuk lebih inovatif dan kreatif ketika menentukan strategi pemasaran tertentu. Jika dulu para pelaku usaha hanya mengandalkan strategi pemasaran offline, maka sekarang tidak akan berhasil hanya dengan strategi konvensional semacam itu. Sekarang transaksi jual beli tidak hanya dilakukan secara offline, tetapi juga secara online. Untuk itulah, Anda juga harus peka pada situs jejaring social yang semakin efektif untuk membantu metode pemasaran Anda. Dan Anda juga harus paham mengenai berbagai macam strategi pemasaran online yang lain yang bisa Anda manfaatkan dengan mudah dan murah. Misalnya Anda membuka online shop, memasarkannya melalui situs jejaring social, dan lain sebagainya.

Kelima, jangan lupakan kekuatan word of mouth. Anda bisa memanfaatkan pelanggan yang sudah cukup loyal atau pelanggan baru di usaha Anda untuk menjaring lebih banyak konsumen baru. Untuk itulah, selalu utamakan kualitas barang atau jasa yang Anda pasarkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS