December 9 2016
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Motivasi Kerja Karyawan Bisa Mati Karena Alasan Ini

By - Fri Nov 07, 4:39 pm

Motivasi kerja karyawan tentu saja berpengaruh terhadap kinerjanya. Motivasi kerja karyawan semestinya harus dijaga oleh pemilik perusahaan, terlebih jika karyawan tersebut berprestasi dan kreatif. Karena baik atau buruknya karyawan pasti berdampak pada perusahaan Anda. Sebagai manusia, mood menurun memang sudah wajar. Tetapi ketika mood dan motivasi karyawan Anda menurun, perusahaan juga akan berjalan tidak seimbang. Dan ketika motivasi dan mood karyawan baik, maka kinerjanya akan meningkat dan perusahaan pun akan berjalan dengan baik pula.

Motivasi kerja karyawanTetapi pada kenyataannya, banyak pengusaha, baik pengusaha besar maupun kecil, jarang memperhatikan motivasi dan mood para karyawannya. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan banyak karyawan yang resign. Karyawan yang keluar- masuk inilah yang menyebabkan ketidak-seimbangan perusahaan. Karena karyawan lama resign, maka Anda harus mencari lagi karyawan untuk posisi yang kosong dan Anda harus melakukan training dari awal lagi. Waktu Anda dan perusahaan tentunya menjadi tidak efektif jika terlalu sering terjadi hal seperti ini. Lalu, apa sebenarnya yang membuat karyawan menjadi hilang motivasi dan mood? Perhatikan beberapa alasan berikut ini:

  • Adanya persaingan yang tidak sehat dimana hanya satu atau beberapa orang yang mendapatkan promosi padahal ada karyawan lain yang bertahan di jabatan atau posisi yang sama. Motivasi kerja karyawan akan mengendur ketika dia merasa kecewa dengan adanya persaingan yang tidak sehat di lingkungan kantor atau perusahaan. Nah ketika Anda memutuskan untuk memberi reward pada satu atau beberapa karyawan yang Anda anggap berkinerja baik, maka hal ini membawa dampak buruk pada karyawan Anda yang lain yang berada di jabatan/ posisi yang sama.
  • Pemimpin perusahaan masa bodoh dengan tujuan, mimpi dan juga kepuasan kerja karyawannya. Sebagai pemimpin perusahaan/ kantor, Anda harus mengetahui apa yang bisa memotivasi dan menjatuhkan mood karyawan Anda. Jika tidak, maka motivasi mereka bisa menurun karena merasa kesejahteraan mereka tidak diperhatikan oleh pemimpin. Padahal kesejahteraan adalah hal yang penting bagi karyawan.
  • Pemimpin hanya menaruh harapan dan kepercayaan pada satu karyawan saja. Tanpa kita sadari, fenomena seperti ini sering sekali terjadi di sekitar kita. Banyak pemimpin yang hanya menaruh kepercayaan untuk semua urusan perusahaan hanya pada satu orang saja yang biasa disebut dengan tangan kanannya. Lalu masalah akan muncul ketika tangan kanan tersebut sudah tidak ada di perusahaan tersebut. Maka perusahaan juga akan goyah karena tidak ada yang bisa menangani perusahaan sebaik si tangan kanan tersebut. Jadi, alangkah baiknya Anda mempersiapkan beberapa karyawan yang kompeten untuk menempati posisi- posisi penting di perusahaan Anda.
  • Pemimpin tidak percaya dengan kemampuan para karyawannya. Motivasi kerja karyawan akan langsung turun jika pemimpin tidak menaruh kepercayaan pada para karyawannya. Pemimpin yang tidak membantu karyawan untuk lebih mengerti seluk- beluk perusahaan, memberikan tips untuk lebih sukses ataupun tidak memberi reward/ promosi ke posisi yang lebih baik, maka tidak akan mendapatkan karyawan yang loyal kepadanya dan perusahaan.

Pemimpin lebih sering memberikan reward/ promosi pada karyawan yang pandai berbicara saja. Hal ini tentunya tidak adil bagi karyawan yang sebenarnya tekun dan selalu bekerja menutup target tetapi tidak pandai berbicara.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • 0 Comments

  • Fatal error: Call to undefined function the_ratings() in /home/infoduit/public_html/wp-content/themes/peluangbisnis/lib/hooks.php on line 513