November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mompreneur juga Berhak Sukses

By admin - Wed Oct 17, 5:04 pm

Mompreneur merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap remeh. Menjadi pelaku usaha yang sekaligus Ibu rumah tangga bisa dilakukan dengan skill tambahan. Mompreneur bagi sebagian orang dianggap mudah dikerjakan oleh perempuan karena mereka beranggapan bahwa perempuan sudah dianugerahi kemampuan multitasking. Tetapi menjadi seorang pelaku usaha tetaplah membutuhkan skill tambahan agar siapapun mereka bisa menjalankan perannya dengan semaksimal mungkin, khususnya untuk pelaku mompreneur. Jadi, agar perempuan ini bisa menjalankan dua peran ini dengan seimbang dan maksimal.

MompreneurUntuk itulah, untuk membantu para kaum perempuan khususnya Ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis rumahan, berikut beberapa hal yang bisa membantu. Karena seorang Ibu rumah tangga juga bisa sukses dengan menjadi seorang pelaku usaha dan juga mengurus keluarga tercinta.

Tips pertama, fokuslah pada kemampuan Anda dan kemudian berdayakan anggota keluarga Anda. Hal ini mengingat Anda tidak hanya focus pada usaha saja, maka lakukan usaha ini dengan sisa kemampuan Anda setelah mengurus keluarga. Setidaknya, Anda bisa mengerjakan hal-hal yang Anda sukai dan Anda mampu kerjakan dengan baik. Sedangkan sisa pekerjaan yang tidak bisa Anda kerjakan sendiri bisa Anda delegasikan kepada anggota keluarga lain. Misalnya Anda ingin memulai usaha fashion, maka Anda bisa meminta bantuan suami atau adik Anda untuk memasarkannya melalui dunia maya.

Mompreneur juga bisa sukses dengan tips yang kedua, yaitu mempunyai ruang khusus untuk melakukan operasional usaha. Karena walaupun Anda menjalankan usaha ini di rumah, Anda harus tetap menomorsatukan keselamatan dan kenyamanan keluarga Anda, khususnya jika Anda mempunyai bayi atau balita. Pastikan usaha Anda mempunyai ruang berbeda agar tidak mengganggu aktivitas keluarga Anda. Misalnya Anda memanfaatkan garasi, kamar kosong, halaman samping, dan lain sebagainya. Jadi, usaha Anda tidak akan mengganggu keluarga Anda dan begitupun sebaliknya.

Tips ketiga, buatlah pembukuan sederhana. Tidak masalah jika usaha masih terbilang kecil, yang penting Anda sudah mulai tidka menyepelekan atau mengesampingkan laporan maupun pembukuan arus kas usaha. Karena ini akan menjadi kebiasaan yang bagus untuk keberlangsungan usaha Anda ke depannya. Anda bisa memulai membuat pembukuan sederhana ala UKM, yaitu dengan mencatat semua transaski dengan rapi, berurutan sesuai dengan tanggal transaksi dan benar sesuai dengan kenyataan sebenarnya. Lalu dengan begitu, Anda akan dengan mudah bisa mengetahui laju perjalanan dan pertumbuhan usaha Anda secara tepat dan rutin serta akan membantu Anda untuk mengetahui maslaah apa saja yang sering muncul di tengah-tengah perjalanan usaha yang sedang Anda jalankan.

Mompreneur juga tidak boleh menghilangkan tips yang keempat, yaitu percaya diri ketika membangun jaringan bisnis. Karena terkadang sebagian besar mompreneur masih merasa minder jika harus berhadapan dengan para pelaku usaha yang sudah sukses dan ddidominasi oleh para pria. Padahal baik pria maupun perempuan mampu berdiri dan mempunyai hak yang sama untuk bisa merasakan kesuksesan sebuah usaha yang dibangunnya. Karena itulah, Anda harus mulai membangun kepercayaan diri Anda sejak dari sekarang dan kemudian perluas jaringan usaha yang Anda miliki dengan kemampuan dan keahlian Anda.

Tips kelima, bersikaplah professional. Anda harus bisa membedakan mana urusan usaha dan mana urusan rumah tangga. Walaupun sudah menjadi rahasia umum jika perempuan lebih mengandalkan perasaan dibandingkan dengan logika, tetapi Anda harus bisa meminimalisir hal tersebut. Jangan campur aduk urusan usaha dan rumah tangga karena bisa berimbas pada produktivitas usaha yang Anda jalankan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS