November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Modal Non-Materi dalam Bisnis

By admin - Tue Sep 10, 4:13 pm

Modal non-materi juga kebutuhan utama dalam menjalankan bisnis. Modal non-materi ini harus disediakan bersama dengan modal uang. Karena jika tidak berimbang, usaha apapun juga tidak akan berjalan dengan lancar. Masih banyak orang dengan modal uang melimpah tetapi masih kesulitan untuk membuka sebuah usaha. Penasaran apa saja modal non-materi yang dibutuhkan untuk membangun sebuah usaha?

Modal non-materi

  • Modal kejujuran untuk membesarkan bisnis. Modal non-materi ini merupakan pondasi awal sebelum Anda membuka sebuah usaha. Kejujuran ini meliputi kejujuran dalam ekspansi di pasar local maupun internasional, kejujuran dalam bertransaksi dengan konsumen dan juga kejujuran dalam mempertahankan kualitas produk yang Anda hasilkan. Jika selama ini banyak yang kita lihat tentang praktek suap di dalam dunia usaha, maka Anda harus waspada. Jangan sampai Anda tersesat ke dalam kebohongan tersebut. Bentengi diri Anda dari ketidakjujuran.
  • Modal kejelian untuk melihat peluang. Seorang pelaku bisnis selain harus jujur juga harus jeli dalam melihat peluang. Pelaku bisnis harus mempunyai insting yang tajam dalam melihat setiap peluang yang ada. Bahkan dengan kejelian yang mereka miliki, tidak jarang pelaku bisnis yang melihat peluang dari masalah yang muncul di sekitarnya. Jadi, jangan heran jika kita melihat banyak pengusaha sukses yang memulai usahanya dari nol, karena mereka biasanya melihat kesulitan yang mereka hadapi dan akhirnya mampu untuk menciptakan peluang dan memenangkan pasar.
  • Modal keberanian untuk menciptakan inovasi. Modal non-materi yang satu ini sangat penting untuk mampu melewati tekanan dan persaingan pasar. Karena tidak semua pelaku usaha mampu menciptakan inovasi baru. Mereka biasanya sudah merasa cukup puas dengan pencapaian yang sudah diperolehnya sehingga mereka tidak berani untuk mengubah keberhasilan yang sudah mereka raih. Padahal untuk bisa menghadapi perubahan musim di pasar bebas, setiap pelaku usaha harus mempunyai keberanian untuk menciptakan inovasi agar bisnisnya tetap berjalan lancar dan tidak basi.

Coba sekarang kembali cek apakah modal non-materiil Anda sudah siap atau masih perlu ditingkatkan lagi. Walaupun sepertinya sederhana, tetapi untuk mencapai hasil yang maksimal, Anda harus meningkatkan modal non-materiil Anda dengan tepat. Sehingga Anda bisa memaksimalkan potensi usaha Anda. Modal non-materiil ini harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha, baik usaha kecil maupun usaha yang sudah besar. Selamat berjuang dan menjalankan usaha yang lebih menjanjikan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS