November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Metode Pemasaran Kreatif

By admin - Tue Jul 03, 4:44 pm

 

Metode pemasaran kreatif harus mampu membuat konsumen penasaran. Metode pemasaran kreatif yang mampu membuat konsumen penasaran dan akhirnya membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Metode pemasaran ini akan membantu Anda keluar dari himpitan persaingan yang semakin ketat. Tantangan ini seharusnya bisa membuat Anda lebih peka terhadap apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat luas, terutama target market Anda.

Metode pemasaran kreatif

Anda harus lebih aktif dan kreatif dalam melangkah dan menawarkan sesuatu kepada calon konsumen. Anda harus mampu menerapkan strategi marketing yang matang dan berbeda. Karena jika Anda menggunakan strategi marketing yang sama dengan para pesaing, maka calon kosnumen juga hanya akan memandang sebelah mata. Maka, jadilah berbeda dan hindari resiko kerugian. Berikut ini adalah beberapa strategi marketing kreatif yang bisa Anda jalankan.

Metode pemasaran kreatif yang pertama adalah dengan memberikan keuntungan untuk para konsumen. Karena pada dasarnya, setiap konsumen akan merasa sangat senang apabila mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi pembelian yang mereka lakukan. Itulah mengapa Anda harus memikirkan kelebihan atau keuntungan apa yang akan Anda berikan pada konsumen dengan produk Anda. Ketika Anda sudah memberikan apa yang mereka inginkan, maka mereka akan sangat mudah menjadi loyal kepada produk Anda. Realisasi strategi ini adalah dengan memberikan voucher belanja atau diskon.

Metode kedua adalah dengan memberikan bonus untuk menarik minat konsumen. Bonus gratisan ini akan membuat konsumen membeli lebih banyak. Tentu saja Anda memberikan batasan tertentu untuk bisa mendapatkan gratisan tersebut. Misalnya Anda memberikan gratis 1 tas cantik untuk pembelian minimal Rp 100.000. Hal ini juga akan menstimulasi pelanggan untuk bisa berbelanja minimal Rp 100 ribu. Sebagai contoh, misalnya satu konsumen hanya akan membeli 1 produk Anda yang bernilai Rp 70ribu maka dia akan berpikir ulang untuk membeli satu produk lagi sehingga akan genap Rp 100 ribu agar mendapatkan gratisan dari Anda. Hal ini akan menguntungkan bisnis Anda. metode yang ketiga adalah dengan menawarkan hadiah menarik. Dengan iming-iming hadiah, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan. Para konsumen sudah tidak segan-segan lagi untuk memborong produk hanya tertarik pada bonus yang dijanjikan.

Metode pemasaran kreatif yang keempat adalah dengan memanfaatkan infonet sebagai media pemasaran. Di era yang serba digital ini, Anda dituntut untuk ikut maju dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman. Anda harus bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menentukan strategi pemasaran. Anda tidak hanya bisa mengandalkan marketing secara offline tetapi juga harus menggunakan media online sebagai pendukung pemasaran Anda. karena sekarang sebagian besar masyarakat sudah berkutat dengan internet di setiap kegiatan setiap hari. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan situs jejaring social untuk mempromosikan produk Anda. Pemasaran online sangat popular karena murah dan mudah.

Metode kelima adalah dengan menyebarkan informasi secara word of mouth atau dari mulut ke mulut. Walaupun ini adalah metode tradisional, tetapi terbukti mampu menjaring lebih banyak konsumen karena masyarakat lebih percaya pada bukti nyatanya. Anda bisa memanfaatkan bantuan pelanggan Anda untuk memasarkan produk Anda. Anda juga harus memproduksi produk yang unik dan bermutu tinggi. Dengan bantuan para pelanggan Anda, Anda juga kemungkinan besar bisa mendapatkan banyak sekali konsumen yang juga loyal kepada produk Anda. Selamat mencoba.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS