October 22 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Merencanakan Manajemen Keuangan Bagi UKM

By admin - Mon Jun 11, 4:44 pm

Manajemen keuangan bagi UKM harus sangat teliti agar kesalahan dapat diminimalisir. Manajemen keuangan bagi UKM tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Banyak yang salah kaprah dengan anggapan ini. Karena kebanyakan entrepreneur memang lebih tertarik pada ide-ide bisnis daripada manajemen keuangan. Dalam pemikiran mereka adalah jika bisnis bagus, maka keuangan juga akan sama bagusnya. Jika usaha untung, maka uang akan mengalir begitu saja. Padahal realita berkata lain.

Manajemen keuangan bagi UKM

Memang ada benarnya pernyataan tersebut. Melihat bahwa sumber kas usaha adalah penjualan dan keuntungan. Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa bisnis bukanlah sekedar cara untuk menghasilkan uang, tetapi juga cara untuk membelanjakan uang tersebut dan juga mengendalikannya. Nah, dari sini kita sudah bisa memperkirakan mengapa banyak sekali bisnis besar tetapi masih mengalami kebangkrutan? Jika dilihat dari omzet penjualannya, pastinya susah untuk mengerti mengapa bisa bangkrut? Dan ternyata ada kaitannya dengan membelanjakan dan mengendalikan uang itu sendiri membutuhkan perencanaan yang matang dan juga keteguhan hati.

Manajemen keuangan bagi UKM harus mampu menghasilkan dan memanfaatkan sumber-sumber modal untuk membiayai usaha. Pengusaha UKM ini walaupun kecil, tetap harus menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan. Prinsip-prisnip dasar tersebut adalah sebagai berikut. Prinsip dasar pertama, pisahkan uang pribadi dan usaha. Mencampur uang usaha dengan usaha pribadi adalah sebuah kesalahan fatal yang banyak sekali dilakukan. Mungkin karena usaha Anda masih dalam skala kecil dan Anda masih berpikir bahwa mencampur uang pribadi dan uang usaha sesuatu yang sah-sah saja. Namun masalahnya Anda menjadi sulit untuk membedakan pengeluaran pribadi dan usaha. Hasilnya, pengeluaran pribadi sedikit- demi sedikit menggerogoti keuangan usaha Anda. Jadi, untuk memudahkan, buka dua rekening yang berbeda untuk usaha dan untuk pribadi.

Kedua, rencanakan penggunaan uang. Walaupun Anda mempunyai modal yang banyak, sebaiknya Anda juga merencanakan penggunaan uang Anda sebaik mungkin. Jadi, jangan sanpai Anda menghambur-hamburkan uang Anda secara berlebihan. Sesuaikan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan dan penerimaan kas. Tunda dulu belanja perlengkapan yang tidak bisa langsung meningkatkan penjualan. Analisa “cost and benefit” atau “untung dan rugi” akan sangat bermanfaat untuk meyakinkan Anda bahwa penggunaan uang tidak sia-sia.

Manajemen keuangan bagi UKM yang ketiga adalah buat buku catatan keuangan. Ketahuilah bahwa bisnis (sekalipun bisnis kecil) tidak hanya cukup dengan mengandalkan ingatan. Jadi, Anda harus rajin mencatat setiap transaksi maupun pengeluaran yang telah terjadi. Setiap hari, cocokkan saldo uang dengan catatan Anda. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengontrol lalu lintas uang dan memastikan tidak ada uang yang terselip atau pengeluaran yang berlebihan. Keempat, hitung keuntungan dengan benar. Menghitung keuntungan sama halnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Yang paling kritikal adalah menghitung biaya-biaya, baik tunai maupun non-tunai, penyusutan dan amortisasi, yang belum terjadi tetapi sudah dicadangkan untuk masa depan (misalnya pajak dan bunga pinjaman).

Kelima, putar arus kas lebih cepat. Yaitu tentang pengelolaan hutang, piutang dan persediaan barang dagangan. Keenam, awasi harta, hutang dan modal. Anda harus mempunyai administrasi yang memadai untuk mengontrol semua hal ini. Ketujuh, sisihkan keuntungan untuk pengembangan usaha. Anda berhak untuk menikmati keuntungan dari usaha Anda tetapi jangan sampai menghabiskannya. Sisihkan sebagian keuntungan untuk pengembangan usaha. Karena salah satu tugas penting manajemen keuangan adalah dengan menjaga kelangsungan hidup bisnis dengan mendorong dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS