November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Meraup Omset Tinggi dengan Kerajinan Batang Kelapa

By admin - Mon Dec 03, 11:47 am

Kerajinan batang kelapa masih jarang yang menyadari peluangnya. Kerajinan batang kelapa padahal sudah merambah dapur kita. Pernahkah Anda melihat atau membeli peralatan dapur yang berbahan dasar batang kelapa? Jika belum, Anda bisa lebih mencermati peralatan dapur yang dijual di supermarket atau pasar-pasar tradisional. Salah satu daerah pusat kerajina ini ada di sentra produksi yang berlokasi di Gamping Kidul, Gamping, Sleman. Pusat produksi kerajinan dari batang kelapa ini sudah ada sejak tahun 1997. Fokusnya adalah untuk memproduksi berbagai macam kerajinan dan peralatan rumah tangga dari batang kelapa. Karena selama ini masyarakat hanya berpikir bahwa batang kelapa hanya bisa dijadikan bahan konstruksi bangunan ternyata bisa juga dimanfaatkan dan diolah untuk menjadi berbagai macam produk unik dan juga bernilai jual tinggi.

Kerajinan batang kelapaAneka handycraft cantik dan unik bisa Anda jadikan sebagai produk usaha yang menjanjikan. Tidak hanya perlataan dapur saja yang bisa Anda jual tetapi juga mainan anak-anak (edu toys) dan stik drum band. Jika Anda pandai melihat peluang dan melihat pasar yang ada, maka Anda akan sukses menjalankan bisnis ini. Bahkan jika Anda jeli, Anda bisa membuat produk tradisional ini melanglang buana sampai pasar Internasional. Bagaimana bisa? Karena pasar Internasional justru tertarik dengan barang-barang yang unik dan etnik daripada barang-barang modern yang bisa mereka temui dengan mudah di Negara mereka.

Kerajinan batang kelapa ini bisa Anda jual dengan menjali kerjasama dengan berbagai perusahaan perdagangan terkemuka. Jadi, Anda bisa menyasar pasar Internasional, seperti Australia, Jepang, Jerman, Belanda, turki, dan lain sebagainya. Karena pasar Internasional sangat terbuka dan senang dengan produk-produk dari bahan batang kelapa. Untuk itulah, Anda harus bisa menjual produk dengan kualitas tinggi agar tetap bisa bersaing di pasaran. Kualitas adalah nomor satu yang harus Anda pikirkan dan tawarkan ke pasar.

Jika Anda belum mampu memproduksi produk ini sendiri, Anda setidaknya bisa datang ke pusat kerajinan batang kelapa untuk kemudian bekerja sama dengan pemiliknya dan menjualnya kembali. Dengan cara ini, Anda juga bisa mengembangkan usaha dan pasar yang Anda bidik. Karena di pusat kerajinan ini biasanya tidak hanya menawarkan produk yang itu-itu saja tetapi juga produk yang lain, seperti peralatan mandi, mangkok, tempat lilin, sumpit, aneka souvenir pernikahan, dan lain sebagainya. Tidak menutup kemungkinan juga jika Anda mempunyai ide dan kemudian bisa direalisasikan di pusat kerajinan ini. dengan begitu, kebutuhan dan keinginan konsumen lebih bisa diterima dan diserap oleh konsumen.

Kerajinan batang kelapa harus mengaplikasikan design dengan kualitas nomer satu agar tidak ada konsumen yang kecewa dengan produk yang Anda pasarkan. Tetapi jika Anda ingin memproduksi sendiri kerajinan ini, Anda harus lebih cermat. Misalnya untuk memilih batang kelapa dan tenaka kerjanya. Untuk tenaga kerja sendiri, ada tiga bagian yang harus Anda miliki, antara lain tenaga potong, tenaga bubut dan juga tenaga finishing. Sedangkan untuk batang kelapa sebagai bahan utama, Anda harus benar-benar memilihnya dengan ketentuan dan syarat khusus, antara lain lingkaran tengah pohonnya harus keras, pohon kelapa yang sudah berumur minimal 30 tahun dan juga serat kelapanya harus kelihatan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS