November 24 2014
  • 1
Jakarta, ID - 25 °CRain - Humidity: 89%
Advertisement

Menyulap Bisnis Modal Kecil Menjadi Besar dengan Online Shop

By admin - Thu Jan 19, 3:46 pm

Bisnis modal kecil bukan berarti tidak bisa berkembang, karena kenyataannya sekarang banyak sekali cara untuk memasarkan usaha Anda secara gratis maupun murah meriah. Salah satu cara untuk memasarkan bisnis modal kecil yang sedang menjadi tren adalah melalui online shop. Akhir-akhir ini banyak blog yang membahas tentang toko online atau online shop. Toko online atau online shop adalah cara baru (paling tidak di indonesia ) untuk menjual. Umumnya yang dijual adalah barang.

Sebenarnya kendala toko online adalah script website yang kurang optimal SEO-nya, hasilnya toko online tersebut menjadi sepi pengunjung. Kalaupun ada script toko online yang SEO sekali, jarang ada yang melepasnya secara penuh. Maksudnya, Anda sebagai pengguna toko online hanya bisa menyewa, biasanya per tahun. Itupun harganya mahal. Sedang untuk Anda yang masih mahasiswa atau pemula pasti membutuhkan sesuatu yang gratis. Lalu, apakah bisa menyulap WordPress yang gratis itu untuk dijadikan sebagai online shop? Jawabannya adalah bisa!

Bisnis modal kecil dengan menyulap WordPress menjadi online shop Anda membutuhkan beberapa fitur penunjang. Fiturnya hampir sama dengan fitur toko-toko online pada umumnya, ada keranjang belanjanya, halaman check out, dan button beli untuk setiap barang. Model pembayaran juga bisa menggunakan paypal. Yang dibutuhkan adalah:

  1. 1 mesin wordpress (mudahnya web dengan mesin wordpress)
  2. Plugin Quick-Shop (bisa didownload)
  3. Plugin Cform II (bisa didownload)
  4. Sedikit pengetahuan HTML dan PHP (bisa didownload)

Toko online ini menggabungkan kedua plugin tersebut, Quick Shop menghandle urusan proses belanja user atau pengunjung. Sedangkan Cform II mengahandle kirim-mengirim. Cform akan mengirim detail pemesanan ke sebuah email yang telah ditentukan. Anda sebagai admin tinggal mengecek email, apakah ada order masuk atau tidak. Karena notifikasinya menggunakan email, anda bisa mengeset mesin email anda untuk mengirimkan email yang masuk ke HP, sehingga ketika berliburpun masih bisa menghandel bisnis online anda. Toko online ini tidak ada proses daftar-mendaftar. Jika mau belanja tinggal belanja saja. Begitulah sekenarionya.

Bisnis modal kecil dengan online shop ini juga mempunyai beberapa keuntungan bagi Anda. Keuntungan pertama adalah harga sewa murah. Meski sebuah toko online umumnya mensyaratkan pembayaran sewa dalam hitungan tahun, tetapi harga sewa sebuah toko online sangat jauh ketimbang menyewa tempat yang Anda jadikan toko. Bahkan bisa didapatkan dengan gratis seperti menggunakan WordPress. Keuntungan kedua adalah pasar lebih luas. Dengan menyewa toko, Anda pun hanya dimungkinkan mendapat pelanggan sedikit, dan baru meningkat sedikit demi sedikit setelah pengunjung ‘mengiklankan’ produk Anda dari mulut ke mulut. Dengan berbisnis lewat internet, keuntungan yang bisa Anda dapat adalah daya jangkau pembeli yang berkali-kali lipat lebih luas. Hal ini tentu karena website atau toko online Anda bisa dibaca oleh siapapun, kapanpun, dan dari negara manapun. Bahkan jika Anda ingin menjual produk di pasar luar negeri, Anda hanya tinggal mencantumkan penjelasan produk menggunakan Bahasa Inggris, dan calon pembeli dari berbagai negara akan dimudahkan memahami produk yang Anda jual.

Keuntungan ketiga adalah tidak melelahkan. Yaitu Anda tidak diharuskan berada setiap jam di belakang etalase, atau menatapi monitor terus-menerus. Jadi yang perlu Anda lakukan hanya menggunakan email sebagai jalur pertanyaan tentang produk, dan membalas setiap pertanyaan dalam satu hingga dua jam setiap harinya. Keuntungan keempat adalah hemat waktu. Keuntungan kelima adalah mengurangi jumlah pegawai yang berarti mengurangi modal usaha Anda. Keuntungan keenam adalah biaya promosi rendah. Jika pembuatan selebaran sampai spanduk yang cukup memakan biaya, Anda hanya membutuhkan biaya sekitar 10-20 persen untuk melakukan promosi online. Seperti dengan menggunakan email marketing, menginformasikan lewat social network, atau menggunakan bentuk promosi lain seperti afiliasi pemasaran, pemasangan Pay per Click, sampai membuat banner yang bisa Anda letakkan di website khusus promosi.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement