November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Menyisir Peluang Musiman: Bisnis Hewan Kurban

By admin - Thu Oct 10, 10:36 am

Bisnis hewan kurban adalah salah satu jenis bisnis musiman yang layak diperhitungkan. Bisnis hewan kurban mulai meningkat ketika Idul Adha sudah mendekat. Dengan ikut meramaikan bisnis musiman ini, keuntungan yang akan Anda dapat yaitu keuntungan materi karena harganya yang semakin mahal. Masyarakat yang mampu tetap membeli hewan kurban walaupun harganya naik karena mereka ingin menunaikan Hari Raya Idul Adha dengan sempurna yaitu dengan menyembelih hewan kurban. Itulah mengapa permintaan hewan kurban tidak pernah berhenti dari tahun ke tahun.

Bisnis hewan kurbanLalu, bagaimana cara untuk memulai bisnis ini?

  • Jika modal dan pengalaman Anda dalam bidang ini minim, Anda bisa memulainya dengan ikut bekerja dengan orang yang sudah lama menggeluti bisnis ini.
  • Opsi lain untuk Anda yang mempunyai modal minim, yaitu menjalankan sistem bagi hasil.
  • Jika Anda mempunyai cukup modal dan cukup pengetahuan, lakukan dengan modal sendiri.

Bisnis hewan kurban sebenarnya tidak semata-mata dengan menjual hewan hidupnya. Opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka jasa pemotongan hewan kurban. Jika Anda memang benar-benar ingin berkecimpung di bisnis ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

  • Sebaiknya menjual hewan kurban yang bervariasi, mulai dari yang berharga murah sampai mahal. Karena dengan begitu, calon pembeli akan mempunyai lebih banyak pilihan untuk dibeli. Jangan lupa untuk menjual hewan kurban yang berkualitas sesuai dengan aturan yang disyaratkan untuk hewan kurban. Jika perlu, Anda bisa menyertakan label sehat dari pemerintah setempat.
  • Coba cari partner usaha yang sudah mempunyai pengalaman di bidang ini (khususnya jika Anda belum mempunyai pengalaman bisnis hewan kurban).
  • Untuk tempat, pastikan Anda memilih lokasi yang strategis, misalnya di pinggir jalan yang banyak dilintasi masyarakat. Sehingga kemungkinan masyarakat tahu tentang bisnis Anda semakin tinggi.
  • Jangan lupakan promosi. Anda bisa mencari media yang cocok untuk mempromosikan hewan kurban Anda. Misalnya melalui banner, brosur, internet dan teman serta saudara.
  • Berikan pelayanan yang terbaik bagi para pembeli, misalnya memberikan diskon jika membeli 2 ekor, memberikan jasa angkut gratis khusus untuk dalam kota, dan lain sebagainya.
  • Pastikan konsumen Anda puas dengan bisnis Anda dan akhirnya mereka bisa memberikan rekomendasikan usaha anda pada kenalannya. Hal ini tentu saja bisa menjadi media promosi yang lebih praktis dan bermanfaat.

Untuk modal dana yang harus Anda keluarkan (selain hewan kurbannya) bisa dianalisis seperti berikut:

Sewa tempat

Rp 1.000.000 per bulan

Kandang sementara

Rp 1.000.000

Pakan/ minum ternak

Rp 600.000

1 orang pegawai

Rp 500.000

Kebutuhan listrik, dll.

Rp 500.000

Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS