November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mentor untuk Entrepreneur Pemula

By admin - Tue Oct 09, 4:39 pm

Mentor entrepreneur sangat penting untuk menuntun sang entrepreneur pemula. Mentor entrepreneur akan lebih bisa memberikan nasehat dan memaksimalkan bakat sang pengusaha muda. Mencoba berwirausaha memang tak perlu takut dicoba. Tetapi jangan asal mencoba karena Anda juga harus mempersiapkan diri dengan matang ketika Anda memutuskan untuk berbisnis dan menjadi bagian dari para pelaku usaha yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan yang menghadang. Nah, di sinilah fungsi seorang mentor, yaitu untuk mendampingi Anda.

Business partnershipPendampingan atau mentoring di dalam wirausaha bisa Anda dapatkan melalui berbagai macam cara. Selain dengan mengikuti seminar, talkshow atau kegiatan wirausaha lainnya untuk mendapatkan mentor, Anda juga bisa mendapatkan seorang pendamping atau mentor melalui program penghargaan yang bisa memberikan kesempatan pendampingan sebagai salah satu hadiahnya. Program-program ini sudah mulai berkembang di kampus-kampus. Banyak perguruan tinggi yang memberikan kontribusi untuk menemukan bibit wirausaha unggul sedini mungkin.

Mentor entrepreneur yang didapatkan di perguruan tinggi seperti misalnya diadakannya lomba menyusun business plan dimana yang berhasil memenangkannya akan diberikan modal usaha dan juga mentor yang akan memantau usaha yang dijalankannya sesuai dengan business plan yang sudah dibuat. Hal ini tentunya akan membuat para mahasiswa lebih tertarik dan berminat untuk terjun ke ranah bisnis. Pendampingan ini akan membuat para pebisnis pemula ini lebih bisa berkonsentrasi dan lebih professional menangani bisnis pertamanya.

Selain di perguruna tinggi, ada juga majlah yang menyelenggarakan acara serupa. Seperti yang dilakukan oleh majalah wanita Sekar. Majalah ini mengadakan Sekar Womenpreneur Awards (SWOMA) yang ditujukan untuk perempuan berusia 25-45 tahun untuk memperoleh pendampingan bisnis. Tiga pemenangnya berhak untuk mendapatkan pendampingan selama enam bulan dalam menjalankan usahanya selain juga menerima hadiah yang lain juga. Jadi, untuk Anda yang masih aktif di kampus atau Anda yang ingin berpartisipasi ingin menyumbangkan ide Anda untuk bisnis Anda sendiri, Anda bisa mulai mencari tahu di sekeliling Anda apakah ada program seperti ini yang bisa sangat bermanfaat bagi Anda untuk memulai sebuah bisnis.

Mentor entrepreneur atau pendampiang usaha menjadi sangat penting untuk para pebisnis pemula karena turut bisa menentukan keberhasilan usaha yang Anda jalankan. Jika saat ini Anda sudah mulai menjalankan sebuah bisnis tetapi Anda merasa belum berkembang secara maksimal, bisa jadi Anda menjalankan bisnis tanpa berbasis pad apengetahuan yang sebenarnya bisa Anda gali dari pendamping atau mentor.

Karena sejatinya siapapun yang ingin berwirausaha pasti membutuhkan mentor. Walaupun sebagian besar orang yang merintis usaha mempunyai bakat, tetapi masih banyak entrepreneur pemula yang masih minim pengalaman. Mentor bisa membantu para pemula ini untuk bisa mencapai target yang diinginkan. Paling tidak, dengan adanya mentor, Anda bisa diberikan arahan dan diajarkan bagaimana caranya mencapai target. Utamanya, seorang entrepreneur muda membutuhkan mentor untuk menuntunnya dalam hal manajemen dan keuangan. Karena minimnya pengetahuan pelaku usaha di bidang manajemen dan keuangan ini akan menimbulkan kendala di dalam bisnisnya, termasuk biaya usaha yang membengkak. Wirausaha pemula yang baru mulai belajar biasanya belum efisien dalam mengelola keuangan, termasuk biaya usaha. Nah akhirnya, biaya usaha yang dikeluarkan pun membengkak karena dia belum mengetahui cara belanja dan bagaimana manajemen keuangan yang tepat. Nah dengan adanya mentor, maka dia juga akan mendapatkan panduan yang lebih terpercaya dan bisa diandalkan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS