November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mensukseskan Bisnis Terbaru Dengan Menjadi Young Entrepreneur

By admin - Fri May 04, 4:24 pm

Bisnis terbaru ada banyak sekali dan semuanya membutuhkan mental yang teguh untuk mewujudkannya. Bisnis terbaru yang bertebaran itu jika tidak dibarengi dengan kemapuan seorang entrepreneur maka akan menjadi sia-sia atau tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Lalu bagaimana caranya untuk bisa menjadi young entrepreneur? Ada banyak pilihan yang dilakukan dalam rangka mempertahankan eksistensi hidup. Sebagian besar masyarakat kita masih memilih menjadi pekerja dan meniti karir setelah menyelesaikan studinya. Sebagian lagi memilih mandiri tanpa telunjuk atasan dan menjadi seorang wirausahawn atau lebih popular dengan istilah entrepreneur.

Bisnis terbaru

Berikut ini adalah prasyarat yang harus Anda miliki jika ingin menjadi seorang entrepreneur. Syarat pertama adalah rasional. Rasional disini dimaksudkan sebagai alat ukur tindakan yang dilakukan. Baik atau tidak, menguntungkan atau tidak, prospektif atau tidak sebuah usaha yang hendak dijalankan harus diukur secara baik berdasarkan pertimbangan rasio. Dan berdasarkan rasio ini pula anda menyusun perencanaan apa dan bagaimana jenis usaha yang hendak Anda kembangkan, saat ini dan nanti. Jadi semua telah terukur secara rasional oleh Anda. Aspek ini tergambar dalam pemahaman Anda mengenai business plan yang Anda buat. Seorang calon entrepreneur setidaknya harus “mudeng” terhadap business plan. Lebih baik jika Anda menguasai peristilahan seperti BEP, NPV, Payback Period ataupun IRR karena akan lebih memudahkan Anda dalam menilai sebuah proyek. Apakah layak untuk dibiayai atau tidak.

Bisnis terbaru akan maksimal hasilnya jika ditangani oleh young entrepreneur yang mempunyai syarat kedua, yaitu sugesti diri sendiri. Mungkin Anda sering mendengar tentang alam bawah sadar. Sebenarnya belum ada riset seputar seberapa besar pengaruh alam bawah sadar kita terhadap kesuksesan kita. Tetapi alam bawah sadar yang salah satunya dibangun melalui sugesti diri setidaknya dapat membantu dan membimbing anda akan tindakan dan sebagai guidance terhadap langkah tujuan yang hendak anda capai. Membangun konsistensi dan tahan terhadap segala ujian dan rintangan.

Syarat ketiga adalah orientasi masa depan. Seorang calon young entrepreneur dalam melakukan segala aktifitasnya harus mendukung terhadap pencapaian tujuan yang diinginkan. Ia akan menghindar dari melakukan perbuatan dan aktifitas yang dinilainya sia-sia dan hanya akan menjauhkan dari cita-citanya menjadi young entrepreneur. Misalnya ia rela kehilangan sebagian waktu bermain dengan teman sebaya demi mengasah hard skill dan soft skill yang dimiliki.

Bisnis terbaru akan berhasil dengan ditangani oleh young entrepreneur yang mempunyai sifat keempat, yaitu berani mengambil resiko. Seorang entrepreneur memiliki jiwa suka menghadapi tantangan. Dan ini bukan nekat melainkan dengan atas pertimbangan rasio. Halangan yang ada di depannya bukan menjadi hambatan yang menjadikannya balik arah, tapi ia akan mencari cara bagaimana ia bisa melewatinya. Hal ini dijadikan sebagai sarana untuk lebih memperkuat daya tahannya dan mempertajam analisa bisnis dan risiko yang mungkin dihadapi.

Syarat kelima adalah jangan jadikan modal sebagai penghambat kreatifitas. Seringkali seseorang yang mau terjun ke dunia bisnis menganggap bahwa modal financial adalah segalanya yang pada akhirnya membuat dia tak pernah berbisnis. Padahal dalam setiap individu mempunyai kekuatan sendiri yang dapat dijadikan modal. Misalnya anda pandai berkomunikasi dengan orang lain, Anda seorang pribadi yang supel sehingga Anda banyak memiliki teman. Anda bisa berangkat dari sana. Namun diatas semua itu ada syarat mutlak yang harus anda miliki sebelumnya yaitu amanah, kejujuran atau trust. Banyak para pengusaha sukses memulai bisnisnya dengan modal trust ini. Sebagai contoh seperti pak Hatta Rajasa dalam ceritanya dihadapan para peserta technopreneur (17 pebruari 2012 di Hotel Mecure Ancol) kemarin memulai usaha kilang minyak ratusan ribu dollar hanya dengan modal kepercayaan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS