August 21 2014
  • 1
Jakarta, ID - 26 °CFog - Humidity: 83%
Advertisement

Menjamurnya Es Krim di Daerah Tropis

By admin - Thu Nov 01, 9:45 am

Es krim merupakan minuman manis dan dingin yang disukai hampir semua usia. Es krim menjadi sangat nikmat ketika dinikmati di siang hari yang panas, terutama di daerah tropis sepertiIndonesia. Karena daerah tropis pastinya mempunyai hawa yang sangat panas, terlebih ketika sedang memasuki musim kemarau. Dan sebagian besar orang pastinya mengeluhkan panasnya cuaca ini. Tetapi apakah Anda akan terus mengeluh atau Anda akan mencari solusi dari keadaan alam ini? Sebagai seorang entrepreneur, Anda pastinya harus bisa menjadikan halangan apapun menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Nah, dari permasalahan hawa panas ini, solusi yang bisa Anda dapatkan adalah bisnis yang membuat orang merasa nyaman dengan minuman dingin.

Es krimCobalah Anda berpikir apa yang paling Anda inginkan ketika sedang di tengah siang yang panas? Pastinya Anda ingin segera berada di tempat yang dingin dan nyaman sekaligus menikmati minuman dingin yang manis. Nah, dari sekian banyak minuman dingin yang ada di pasaran, es krim adalah salah satu yang bisa menyasar semua jenis golongan. Jadi, bisnis es krim merupakan salah satu bisnis yang sangat menggiurkan di daerah tropis sepertiIndonesia. Untuk bisa melihat dan menganalisa kemungkinan keuntungan dan kerugian yang akan Anda dapat, sebaiknya Anda mulai melakukan survey pasar. Coba lihat apakah di sekitar lokasi yang Anda pilih sudah ada penjual es krim atau belum. Jika memang belum, Anda bisa langsung mendirikan bisnis Anda. Tetapi jika memang sudah ada, Anda bisa membawa bisnis dengan konsep yang berbeda.

Es krim memang banyak dijual di mini market yang kini semakin menjamur di seluruh wilayahIndonesia. Lalu bagaimana cara menyikapi hal ini? Tentunya Anda harus berinovasi sendiri agar bisa memikat hati konsumen. Misalnya dengan membuka kedai es krim di sekitar lokasi perumahan, sekolah atau kampus. Anda bisa membuat kedai ini dengan konsep minimalis dan manis. Pasang AC untuk menarik hasrat “ngadem” orang-orang yang berlalu-lalang di sekitar kedai Anda. Pasang ornament dan perabotan yang mencerminkan jiwa muda. Selain furniture, Anda juga sebaiknya memberikan sentuhan berbeda pada menu es krim yang Anda tawarkan. Anda bisa menambahkan berbagai varian baru dengan bahan dasar es krim. Sediakan makanan pendamping juga untuk memanjakan perut konsumen.

Untuk lebih memanjakan konsumen, Anda juga bisa menambahkan book corner di dalam kedai Anda. DisanaAnda bisa memberikan majalah, Koran, komik, novel dan lain sebagainya agar bisa dinikmati oleh konsumen sembari menikmati es krim favoritnya. Full music juga adalah hal yang wajib Anda berikan. Dengan beberapa keunggulan-keunggulan inilah, konsumen akan semakin loyal kepada Anda. Sekecil apapun perbedaan dan keuntungan yang Anda berikan kepada konsumen tetap akan menarik lebih banyak konsumen baru dan membuat pelanggan lebih loyal pada Anda.

Es krim dan usaha yang Anda buat bersamanya biasanya bisa balik modal sekitar 1 tahun. Selain keuntungannya tinggi, cara menjalankan bisnis ini juga tergolong mudah. Karena Anda juga bisa membuat es krim sendiri dengan mesin pembuat es krim yang juga tersedia di pasaran. Anda bisa memilih soft ice cream atau hard ice cream (seperti es puter). Untuk tambahan menu, Anda juga bisa membeli mesin egg roll.

Selain membuat kedai es krim, Anda juga bisa menjajakan produk Anda ke tempat-tempat keramaian dengan membawa mesin es krim kesana. Beberapa tempat keramaian yang bisa Anda pilih adalah:

  • sarana rekreasi atau mall.
  • Pusat hiburan (misalnya pasar malam, dan lain sebagainya).
  • Sarana rekreasi.
  • Sarana olahraga.
  • Sekolah atau kampus.
  • Dan lain sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement