November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Menjadi Karyawan Teladan

By admin - Fri Jan 06, 3:09 pm

 

Menjadi karyawan teladan selalu diimpikan oleh banyak orang tetapi banyak pula yang merasa sulit untuk meraihnya. Menjadi karyawan teladan kuncinya adalah harus memperhatikan beberapa poin lain selain selalu mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab harian dengan baik. Banyak sekali para pekerja yang melakukan rutinitas pekerjaan hanya sekedar untuk menafkahi hidup. Dengan passion tersebut, pekerjaan serasa menjadi sebuah keharusan yang dilakoni. Pemenuhan waktu juga hanya memenuhi jam kerja yang diberlakukan. Tak ubahnya robot, tubuh Anda dipaksa bekerja dari jam yang telah ditentukan tanpa dibarengi dengan gairah.

Padahal, jika bekerja dengan hati dan tak hanya berfokus memenuhi kebutuhan hidup, Anda dapat mengembangkan berbagai keterampilan dari profesi yang Anda tekuni. Bonusnya, predikat sebagai karyawan terbaik pun menghampiri. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan gairah bekerja yang secara otomatis juga akan membuat Anda menjadi karyawan teladan.

Menjadi karyawan teladan bisa dimulai dengan berkata jujur. Dalam melakukan apapun, lakukan segalanya di atas label kejujuran. Jika Anda membuat kesalahan, jangan ragu untuk mengakui kemudian memperbaikinya. Membiasakan bersikap jujur adalah salah satu nikmat terbesar yang dapat Anda lakukan baik untuk diri sendiri maupun keberlangsungan karir Anda. Selanjutnya adalah tepat waktu. Menghargai pekerjaan juga atasan Anda dapat dilakukan dengan hadir tepat waktu. Ketepatan waktu menjadi bentuk konsistensi kepada atasan bahwa Anda bersungguh-sungguh menjalani pekerjaan tersebut.

Selanjutnya adalah jaga kerapian ruang kerja. Jangan biarkan meja kerja berantakan ketika Anda meninggalkannya. Sebaliknya, dengan menjaga kerapian meja kerja, Anda membuktikan diri seorang pekerja yang patut diperhitungkan. Ikuti kebijakan kantor juga memegang peranan penting. Jika Anda berpikir bahwa ada aturan yang tidak adil terhadap Anda, maka gunakan saluran yang tepat untuk mengubahnya. Sementara itu, ikutilah semua aturan yang diberlakukan di tempat kerja Anda.

Menjadi karyawan teladan bisa direalisasikan dengan bekerja keras. Hal ini mungkin terdengar klise. Namun dengan bekerja tekun dan giat, tempat kerja akan menghargai jerih payah Anda. Terakhir adalah bersikap sopan. Ingatlah apa yang diajarkan orangtua terhadap Anda untuk selalu bersikap sopan dan ramah. Karenanya, jalankan sikap tersebut ketika Anda berada di tempat kerja. Hal tersebut merupakan keunggulan dari kriteria karyawan yang baik.

Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa hal yang akan menghambat karir Anda sebagai kandidat karyawan teladan, yaitu menjalin affair di tempat kerja; pribadi yang tertutup; tidak bersedia bekerjasama dan tidak mengindahkan dateline. Lingkungan kantor merupakan lingkungan anda kedua setelah lingkungan rumah anda dan tidak seharusnya anda mengisolasi diri dari lingkungan kantor jika Anda ingin mencapai karir cemerlang. Anda harus mampu bergaul dengan semua karyawan. Karena di dalam teamwork, perasaan bersaing ada kalanya timbul. Tetapi walaupun ada perasaan ingin berkompetisi, jangan jadikan hal tersebut alasan untuk menghindar dari komunitas. Lebih baik anda bersaing secara sehat dan baik karena hal ini akan menunjukkan siapa yang lebih unggul diantara karyawan-karyawan termasuk Anda. Selain hubungan baik dengan sesama karyawan, anda juga harus mempertanggung jawabkan pekerjaan Anda. Kalau anda ingin menjadi salah satu karyawan teladan di tempat kerja Anda, jangan pernah sekali-kali melupakan dateline kerja. Dateline kerja adalah hal yang sangat penting dalam pekerjaan, sehingga anda harus menyelesaikannya sebelum batas akhir yang telah ditentukan. Jika Anda kesulitan mengatur waktu, coba buatlah prioritas dan planning dalam setiap pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Menjadi Karyawan Teladan