November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Menjadi Entrepreneur Sejati dengan Mencari Peluang Usaha

By admin - Wed Jan 18, 3:18 pm

  • Comments Off on Menjadi Entrepreneur Sejati dengan Mencari Peluang Usaha
  • 785 views
  • Email
  • Print

Peluang usaha dapat didapatkan dari kehidupan sehari-hari, tentunya jika Anda jeli mengamatinya. Peluang usaha sebenarnya bukan hanya bisa dicari tapi diciptakan. Anda bisa memilih dan memilah mana yang paling tepat untuk Anda dan untuk pangsa pasar Anda. Untuk memantapkan Anda dalam memilih peluang yang ada serta memantapkan diri Anda dalam menjadi seorang entrepreneur sejati, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

Pertama Anda harus memulai dengan mimpi. Semua bermula dari sebuah mimpi dan keyakinan akan produk yang akan Anda tawarkan. Terkadang, pemimpilah yang selalu menciptakan dan membuat sebuah terobosan dalam produk, cara pelayanan, jasa, ataupun idea yang dapat dijual dengan sukses. Mereka tidak mengenal batas dan kerterikatan, tak mengenal kata 'tidak bisa' ataupun 'tidak mungkin'. Kedua adalah cintai produk Anda. Kecintaan akan produk Anda akan memberikan sebuah keyakinan kepada pelanggan Anda dan membuat kerja keras terasa ringan. Membuat Anda mampu melewati masa-masa sulit. Setiap awal usaha selalu akan ada banyak halangan ataupun kesulitan yang bertubi tubi, kecintaan akan produk Anda yang akan membuat kita bekerja keras dengan senang hati. Antusiasme dan keuletan sebagai pertanda cinta dan keyakinan Anda akan menjadi tulang punggung keberhasilan sebuah usaha yang baru.

Peluang usaha juga bisa dilihat dari mempelajari bisnis fundamental. Tidak akan ada sukses tanpa sebuah pengetahuan dasar untuk bisnis yang baik, belajar sambil bekerja, turut kerja dahulu selama 1-2 tahun untuk dapat mempelajari dasar-dasar usaha akan membantu Anda untuk maju dengan lebih baik. Keempat, ambillah resiko. Karena berani mengambil resiko yang diperhitungkan merupakan kunci awal dalam dunia wirausaha. Karena hasil yang mungkin dicapai akan proporsional terhadap resiko yang diambil. Sebuah resiko yang diperhitungkan dengan baik akan lebih banyak memberikan kemungkinan berhasil. Dan inilah faktor penentu yang membedakan seorang entrepreneur dengan manajer. Entrepreneur lebih dibutuhkan pada tahap awal pengembangan perusahaan, sedangkan manager dibutuhkan untuk mengatur perusahaan yang telah maju.

Kelima, cari sang ahli. Minta saran atau nasehat dari sang ahli tetapi masih mengikut sertakan kata hati Anda. Karena seorang entrepreneur selalu mencari nasehat dari berbagai pihak tapi keputusan akhir selalu ada ditangannya dan dapat diputuskan dengan pemikirannya sendiri. Keenam, komunikasi yang baik dan kemampuan menjual.  Pada fase awal sebuah usaha, kepiawaian menjual merupakan kunci-sukses. Dan kemampuan untuk memahami dan menguasai hubungan dengan pelanggan akan membantu mengembangakan usaha pada fase itu.

Peluang usaha akan sangat sukses didapatkan dan diterapkan dengan kerja keras. Etos kerja keras sering dianggap sebagai mimpi kuno dan seharusnya diganti. Tapi hard-work and smart-work tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. Hampir semua kesuksesan membutuhkan kerja keras. Entrepreneur sejati tidak pernah lepas dari kerjanya, pada saat tidurpun otaknya bekerja dan berpikir tentang bisnisnya. Kedelapan, make friends as much as possible. Anda harus berteman sebanyak mungkinuntuk kemudian menjalin relasi dan hubungan professional. Karena biasanya, pada harga dan kualitas yang sama orang membeli dari  temannya, pada harga yang sedikit lebih mahal, orang akan tetap membeli dari teman. Teman akan membantu mengembangkan usaha kita, memberi nasehat, membantu menolong pada masa sulit.

Kesembilan, hadapi kegagalan. Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi. Serta kemampuan Anda untuk berwirausaha. Setiap usaha selalu akan mempunyai resiko kegagalan dan bilamana sampai itu terjadi, bersiaplah dan hadapilah. Terakhir, lakukan sekarang. Bila Anda telah siap, lakukanlah sekarang juga. Manager selalu melakukan: READY-AIM-SHOOT, tetapi entrepreneur sejati akan melakukan READY-SHOOT-AIM. Putuskan dan kerjakan sekarang, karena besok belum tentu giliran Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Menjadi Entrepreneur Sejati dengan Mencari Peluang Usaha