November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Meningkatkan Peruntungan di Usaha Kipas kupu-Kupu

By admin - Thu Nov 22, 5:02 pm

Kipas kupu-kupu kini semakin terkenal karena banyak yang menggunakannya sebagai souvenir pernikahan. Kipas kupu-kupu ini sebenarnya bisa dibuat dengan mudah. Misalnya dengan menempelkan guntingan kain brokat pada kerangka kipas yang sebelumnya sudah ditempel dengan kain sebagai dasar. Selain itu, berbagai macam hiasan dan aksesoris juga bisa mempercantik tampilan kipas ini. Misalnya dengan membuat bandul cantik sebgai hiasan kipas atau kantung kain untuk pembungkus setiap kipas.

Kipas kupu-kupuKipas jenis ini dikenal masyarakat luas karena bentuk dan desainnya yang cantik, seperti kupu-kupu. Jadi, Anda bisa membawa kecantikan kupu-kupu sebagai ide atau ispirasi untuk usaha kipas Anda. Tetapi sebaiknya Anda tetap memproduksi kipas dengan cara dan gaya Anda sendiri. Anda harus menjadi berbeda agar bisa diterima oleh pasar. Jangan langsung ikut aliran air dengan memproduksi produk kipas yang sama yang diproduksi massal oleh pengusaha lain. Anda harus mempunyai keunikan tersendiri. Misalnya dengan menambahkan guntingan kain brokat, batik, beludru, renda dan juga detail bunga yang rumit nan cantik. Selain itu, Anda juga bisa memproduksi kipas dengan motif istimewa seperti perpaduan warna merah muda biru untuk detail kupu-kupunya atau motif mega mendung. Selain itu, motif lukis juga bisa Anda kembangkan karena bentuknya yang cantik dan bisa diproduksi dengan baik.

Kipas kupu-kupu yang Anda produksi harus bisa memunculkan eksklusifitas. Untuk itulah Anda harus bisa mengutamakan keindahan desain dan kualitas bahan. Untuk proses produksi juga sebaiknya Anda buat secara eksklusif, yaitu satu desain hanya dibuat sekitar 5-10 buah saja, tetapi kecuali jika ada pemesanan khusus dalam jumlah besar. Untuk ukuran desain, Anda bisa memberikan penawaran ukuran antara lain 19, 23, 25, 27 dan 30 cm. Lalu bagaimana caranya agar produk yang Anda produksi bisa tampil lebih eksklusif dari waktu ke waktu dan memeangi persaingan? Caranya adalah dengan mempertimbangkan untuk selalu memberikan yang terbaik, mulai dari pemilihan bahan sampai pengemasan.

Misalnya saja untuk kipas yang berbahan kain brokat. Anda jangan hanya menempelnya saja pada kerangka, tetapi buatlah desain yang unik dan cantik. Misalnya dengan menggunting kain brokat mengikuti garis-garis motifnya untuk kemudian ditempelkan pada kain dasar kipas yang terbuat dari kayu mahoni. Selain itu, Anda juga bisa memadukan minimal dua bahan kain dengan warna dan motif yang berbeda. Memang Anda membutuhkan ketelitian yang lebih daripada kipas yang diproduksi secara massal. Tetapi produk kipas yang dihasilkan dengan penuh ketelitian ini akan menghasilkan karya seni yang cantik.

Kipas kupu-kupu eksklusif memang membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pengerjaannya. Misalnya untuk menempelkan brokatnya pada dasar kainnya saja membutuhkan waktu sampai 1,5 jam. Jadi, Anda harus benar-benar mencari motif yang benar-benar sesuai dengan bentuk kipas. Selain bermain dengan kain, Anda juga bisa bermain dengan beragam detail lain, misalnya batu-batuan alam atau perak untuk mempercantik bagian terluar kerangka kipas.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS