November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Meningkatkan Penjualan Produk Dengan Pemasaran Internet

By admin - Mon Apr 30, 4:54 pm

Meningkatkan penjualan produk dengan menggunakan pemasaran internet bisa membantu memajukan sebuah usaha atau perusahaan. Meningkatkan penjualan produk menggunakan pemasaran internet harus mengerti strategi yang tepat. Karena sulit untuk menemukan sebuah bisnis yang bisa maju dan berkembang tanpa bantuan dunia maya saat ini. Sebagian besar pelaku industri menyadari betul bahwa partisipasi dan representasi dalam dunia maya adalah hal yang mutlak jika tidak ingin tertinggal dari pesaing lainnya.

Meningkatkan penjualan produk

Untuk itulah, kita harus mengetahui beberapa unsur vital dalam melakukan pemasaran di dunia maya. Yang dimaksud dengan tiga unsur tersebut, adalah tujuan Anda; pasar yang Anda bidik; dan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Tidak ada sebuah pola atau resep jitu yang cocok dan 100% efektif untuk diterapkan disemua jenis usaha. Karena itulah Anda sendiri harus mau mengevaluasi apa saja tujuan, sasaran pasar dan produk serta jasa yang ditawarkan sehingga akan diketahui formula penggunaan jejaring sosial mana yang paling sesuai dan efektif untuk bisnis yang Andajalankan.

Meningkatkan penjualan produk harus dimulai sekarang. Bingung bagaimana memulainya? Ambil kertas lalu catatlah semua tujuan, pasar yang dibidik, dan produk serta jasa yang Anda miliki. Usahakan untuk merincinya, jangan hanya mencatat secara umum. Dengan memberikan perincian yang spesifik, akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis teknik pemasaran Internet yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Tujuan-tujuan tersebut misalnya:

  1. Menempatkan merek Anda di level yang lebih tinggi.
  2. Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs.
  3. Mendorong angka penjualan saat masa lesu.

Beberapa contoh pasar yang bisa dijadikan sasaran ialah (misalnya untuk bisnis pakaian jadi): para lanjut usia, kaum paruh baya, kalangan dewasa muda, para remaja, anak-anak dan lain sebagainya. Setelah itu, daftar semua produk dan jasa yang Anda miliki. Kemudian amati pilihan pemasaran via web manakah yang cocok. Pilihan tersebut dapat berupa pilihan pemasaran online yang konvensional seperti email berisi penawaran ke pelanggan potensial atau situs layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace, LinkedIn, Orkut, Foursquare, atau Koprol. Tentukan salah satu atau beberapa opsi yangAnda pandang paling mudah, paling cepat, dan paling hemat.

Meningkatkan penjualan produk dengan pemasaran internet juga bisa diawali dengan proses pembentukan pasar. Ada dua metode yang bisa Anda gunakan dalam membentuk pasar. Metode pertama adalah metode pembentukan pasar (the market-buildup method), biasanya digunakan khusus oleh para pemasar bisnis/perusahaan. Metode ini ditujukan untuk mengidentifikasi seluruh pembeli potensial dalam setiap pasar dan mengestimasi pembelian potensial mereka. Dan metode ini menghasilkan hasil yang akurat, hanya saja tidak mudak untuk memperolehnya. Untuk itu diperlukan sistem klasifikasi industri standar, analisa kejenuhan pasar, jumlah pesaing, tingkat pertumbuhan pasar, usia rata-rata produk. Metode kedua adalah metode indeks faktor (the multiple-factor index method), biasanya digunakan khusus untuk para pemasar konsumen/barang produksi. Karena banyaknya perusahaan konsumen yang didaftar maka digunakan sistem indeks baik untuk indeks pesaing yang ada dan yang akan masuk, indeks barang yang beredar, indeks biaya promosi, indeks daya beli pelanggan, indeks penghasilan pelanggan dan lainnya.

Tetapi Anda jangan langsung memaksakan kehendak akan langsung mendulang sukses sesaat setelah mempraktikkan metode tersebut karena Anda tentu harus tekun dan bekerja keras. Pemasaran melalui internet basicnya sama dengan pemasaran konvensional. Jadi, Anda jangan langsung berpuas diri ataupun menyerah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS