November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Meningkatkan Penjualan Produk Baru

By admin - Fri Apr 27, 4:57 pm

Meningkatkan penjualan produk atau merek baru dibutuhkan untuk memperkenalkan produk kepada khalayak. Meningkatkan penjualan produk baru membutuhkan teknik jitu yang bisa digunakan untuk mendatangkan atau mendapatkan konsumen baru.

Meningkatkan penjualan produk

Anda bisa mencoba teknik free sample. Ini adalah salah satu teknik promosi yang efektif untuk mendatangkan atau meraih konsumen baru. Banyak orang enggan mengeluarkan uang untuk produk yang belum jelas rasa atau gunanya. Mereka khawatir jangan-jangan mereka membayar terlalu mahal untuk produk atau jasa yang mungkin tidak seperti yang mereka harapkan. Ada resiko tidak cocok yang memberatkan untuk membeli suatu produk atau jasa baru. Tentu Anda tidak ingin menemui pelanggan yang “menolak sebelum mencoba.” Dengan menggunakan teknik promosi free sample, Anda membuka peluang besar untuk mendapatkan konsumen baru. Dengan menyewa sebuah booth atau stand kecil di pintu masuk mall atau department store, Anda dapat membuat sample kecil produk atau jasa yang diberikan langsung pada pengunjung. Pastikan Anda menyewa lokasi yang strategis yang di lewati pengunjung yang baru datang. Dan dapat mampir saat akan keluar untuk membeli produk Anda. Lebih bagus jika ada promo untuk pembelian langsung di stand. Sales promotion girl / boy Anda dapat mendorong calon pelanggan untuk membeli langsung dengan mengiming-imingi hadiah / merchandise.

Meningkatkan penjualan produk dengan teknik penyebaran merchandise atau souvenir juga bisa menjadi pilihan. Tetapi ketika Anda merencanakan untuk menyebarkan merchandise atau souvenir, Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar biaya yang dikeluarkan untuk promosi tersebut efektif dalam program pemasaran. Berikut adalah 5 langkah membuat produk promosi Anda efektif dalam proses marketing. Langkah pertama adalah mengidentifikasi produk promosi yang tepat untuk target market. Analisis target market menjadi hal penting dan sangat mendasar untuk memastikan apakah produk yang akan diproduksi tepat untuk promosi Anda. Perhatikan dengan seksama semua faktor yang berhubungan dengan target Anda.

Apakah target adalah perempuan atau laki-laki, tua atau muda, lajang atau telah menikah, dari kalangan professional atau biasa saja, dan lain sebagainya. Sebagai contoh, suatu produk promosi atau yang biasa disebut merchandise seperti payung. Payung cocok diberikan menjelang atau saat musin hujan. Namun payung tidak begitu pas diberikan pada pelaku bisnis di kalangan eksekutif, atau diberikan dalam acara yang diadakan di hotel mewah dan megah. Meskipun payung saat ini juga dapat didesign dan dikemas dengan mewah dan elegan.

Meningkatkan penjualan produk dengan memberikan merchandise juga bisa dilakukan dengan langkah kedua, yaitu berikan produk dengan anggaran yang sesuai. Produk promosi adalah salah satu hal yang mempresentasikan secara tidak langsung tentang perusahaan. Jika perusahaan tidak memberikan sesuai atau diatas kelas mereka, maka reputasi perusahaan akan tercoreng dan integritas terancam.

Langkah ketiga adalah perhatian pada budaya atau agama dan mode. Sebelum memberikan merchandise, pelajari terlebih dahulu budaya yang dianut target market Anda. Adakah larangan-larangan tertentu untuk menggunakan produk Anda, dan lain sebagainya. Bila dapat digunakan oleh masyarakat umum dan mengikuti perkembangan mode saat itu, maka efektifitas dapat tercapai. Langkah keempat adalah berikan produk promosi yang akan mereka simpan. Kata kunci yang perlu diingat agar market menyimpan pemberian anda adalah, “DISUKAI” dan “BERMANFAAT”. Langkah berikutnya adalah coba untuk menyesuaikan produk promosi dengan program. Kesesuaian antara barang promosi dengan program yang dilakukan sangat penting. Bila semua item yang diluncurkan oleh perusahaan, memiliki garis merah dengan visi misi perusahaan, target market akan lebih mudah untuk mengingat dan mempertimbangkan layanan/ produk Anda.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS