November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Meningkatkan Penjualan Di Media Massa

By admin - Fri Apr 27, 5:04 pm

Meningkatkan penjualan dengan memilih dan menentukan media massa marketing untuk promosi sangatlah penting. Karena meningkatkan penjualan dengan cara ini akan lebih efektif untuk bisa sampai ke public. Pemilihan media dalam pemasaran tidak bisa sembarangan. Jika penggunaan media Anda tidak tepat sasaran, dapat membuat perusahaan merugi. Kerugian yang bisa terjadi karena salah memilih media dapat berupa kerugian uang, karena biaya iklan, rugi waktu yang sudah digunakan untuk mendesign, telepon, mondar mandir meeting dan lain sebagainya.

Meningkatkan penjualan

Tak hanya itu, kesalahan penggunaan media juga dapat menggeser positioning perusahaan Anda di mata public, ini hal paling merugikan dan butuh waktu dan kerja keras yang lebih untuk mengembalikan atau memperbaiki image terhadap positioning perusahaan atau brand Anda. Lalu apa langkah yang perlu dilakukan untuk memilih atau menentukan media marketing untuk promosi perusahaan / barang? Berikut langkah sederhana yang bisa Anda lakukan. Langkah pertama adalah dengan membuat daftar media massa, yaitu:

Nama:
Jenis: Surat kabar; Majalah ; Tabloid ; Radio ; TV ; Online portal ; Online Forum; dsb.

Edisi: Harian ; mingguan ; bulanan ; triwulan dsb.

Karakter  + SES: Bisnis AB ; Ibu BC ; Hobby ; ABG 14-23thn ; Pencari kerja dsb.

Rubrik: Nasional ; Resep ; Profile Tokoh ; Event ; Craft dsb.

Oplah: 200.000  copy/edisi ; 1000 pengunjung /hari (untuk media oline)

Circulation: Detik.com = Internasional-Indonesia; Pikiran rakyat = Jawa barat; dsb.

Rate: Rp/ halaman ; Rp/ mili meter coloum ; Rp/ Satu hari tayang ; Rp./ klik.

Tier: 1 untuk yang paling cocok ; 2 untuk yang cukup cocok ; 3 untuk yang tidak cocok (misalnya).

Meningkatkan penjualan dengan memilih media massa bisa dilakukan dengan langkah kedua, yaitu mempelajari segmen media. Jika segmen pembaca media tersebut tepat sama dengan target market Anda, tak perlu ada keraguan untuk menggunakan media tersebut untuk menyampaikan pesan pada public Anda. Namun jika segmen pembaca medianya tidak terlalu sama, kelompokkan media tersebut dalam tier 2 (bukan prioritas). Dan saat Anda mengetahui bahwa segmen nya tidak sesuai, berikan tanda tidak perlu atau cantumkan dalam kelompok tier 3.

Langkah ketiga adalah pelajari karakter dan rubrik media. Apakah karakter dan rubrik media dimaksud sesuai dengan target market Anda? Anda dapat memanfaatkan rubric yang diminati / berhubungan dengan target market. Langkah keempat adalah dengan meminta rate iklan media. Lengkapi data base Anda dengan rate iklan media yang mungkin akan digunakan. Data ini sangat menentukan pemilihan media yang akan digunakan, karena berhubungan dengan biaya yang dialokasikan untuk promosi. Langkah kelima adalah cari tahu berapa oplah dan circulation media. Jumlah dan cakupan media ini menjadi pertimbangan dalam upaya meraih pasar Anda. Apakah ingin menyeluruh (se-Indonesia) atau layanan jasa / barang hanya tersedia di daerah tertentu saja? Jika dalam kenyataannya baru melayani di daerah tertentu, tidak perlu publikasi / beriklan di media yang nasional. Biaya juga pasti berbeda.

Meningkatkan penjualan juga harus mempelajari system pemasangan iklan dan pembayarannya. Mengapa perlu tahu, agar kita dapat membuat perencanaan dengan waktu yang cukup, sehingga pesan yang dimuat di media massa tayang tepat waktu sesuai rencana perusahaan. Akan tidak berguna saat Anda berencana menyiarkan tema lebaran, mempersiapkan ini itu, ternyata space media yang dituju sudah habis dibeli pihak lain.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS