November 13 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengubah Stres Menjadi Energi Positif

By admin - Wed Apr 25, 4:22 pm

Mengubah stress menjadi energy positif akan membuat hidup Anda lebih nyaman dan bahagia. Mengubah stress menjadi energy positif akan membantu Anda melepaskan beban yang selama ini harus Anda hadapi untuk kemudian menikmati hidup. Seseorang yang mengalami tekanan terus menerus dan tidak bisa mengelola stres dapat menderita masalah emosional dan fisik. Ketika terjadi dalam jangka panjang dapat berkembang menjadi depresi dan perlu ke dokter untuk mengatasinya.

Mengubah stress menjadi energy positif

Banyak hal yang dapat menyebabkan stres pada seseorang seperti kecemasan, kemarahan, kesedihan, terlalu lelah, terlalu fokus pada satu hal, merasa bingung / marah, kesedihan, ketakutan, stimulasi sensorik yang berlebihan seperti cahaya terang, kebisingan dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal ini, sangat penting untuk memiliki kemampuan untuk mengelola stres sehingga dapat meminimalkan dampaknya terhadap emosional dan fisik atau bahkan mampu mengubah stres menjadi energi positif. Stres diubah menjadi energi positif (eustress) membuat seseorang menjadi lebih bersemangat, fokus dan termotivasi untuk mencapai tujuan.

Mengubah stress menjadi energy positif bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Pada dasarnya, stres adalah salah satu sistem pertahanan kami untuk mempertahankan diri dari sesuatu yang mengganggu atau bahkan berbahaya dalam pikiran Anda. Tentu kemampuan alami setiap orang untuk mengendalikan stres berbeda, namun kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan latihan. Ada beberapa cara untuk mengubah distress (stress negatif) menjadi eustres (stress positif). Jika Anda mengalami stress yang tidak mengganggu keberadaan Anda atau hanya buruk bagi diri Anda lebih baik hindari hal itu. Misalnya, kebiasaan tidur larut malam, hubungan yang tidak cocok dan sulit dipertahankan, ketergantungan pada rokok, alcohol, kafein, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, jika stressor yang dialami bukanlah sesuatu yang harus dihindari atau sesuatu yang buruk kepada Anda, seperti pernikahan dan masalah di tempat kerja, maka cara terbaik untuk berurusan dengan itu adalah untuk mengendalikan dan mengubahnya menjadi energy positif untuk memecahkan masalah.

Mengubah stress menjadi energy positif bisa dilakukan dengan beberapa atau semua teknik mengurangi stress berikut ini. Langkah pertama adalah mengatur ritme pernafasan. Langkah termudah untuk mengurangi tingkat stress adalah untuk memperlambat dan memperdalam pernafasan. Jika Anda mengalami sesuatu yang mengganggu Anda, cobalah untuk bernafas dalam-dalam dan perlahan-lahan lalu buang nafas perlahan-lahan juga. Anda bisa mempraktikkannya dengan duduk atau berbaring dan bayangkan Anda sedang berada di tempat favorit Anda. langkah kedua adalah mengubah perspektif Anda. Pada dasarnya semua hal yang kita alami adalah netral. Ketika seseorang merasa tertekan mereka berpikir lebih lanjut tentang hal-hal yang negative dibandingkan dengan hal-hal positif. Dengan mengubah sudut pandang kita pada sesuatu maka stress dapat dikurangi.

Langkah ketiga adalah dengan membuat aktivitas Anda terencana dan sistematik. Ketika Anda melakukan kegiatan bersama, seperti menjawab panggilan telepon ketika Anda sedang mengendarai kendaraan, maka tubuh dan pikiran Anda membutuhkan lebih banyak energy untuk melakukannya. Tapi ketika Anda melakukan aktivitas sistematik satu per satu, maka secara otomatis Anda menjadi lebih rileks. Jadi, ketika Anda merasa stress atau tertekan, lakukan aktivitas secara teratur (jangan gabungkan satu aktivitas dnegan aktivitas lainnya secara bersamaan). Lakukan dengan hati-hati dan berikan perhatian lebih ketika Anda melakukan suatu kegiatan. Langkah keempat adalah biarkan semua terjadi. Banyak hal terjadi dalam kehidupan ini. Anda mungkin merasa bahwa hal ini terjadi tidak dapat diubah kembali. Anda dapat membuat keputusan dalam pikiran untuk tidak menyalahkan diri sendiri atau tidak membuat tekanan dalam hidup Anda untuk sesuatu yang tidak dapat Anda ubah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS