December 12 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengubah Mindset “Saving”

By admin - Thu Dec 20, 4:52 pm

Mindset saving sangat mencerminkan pola pikir masyarakat kita. Mindset saving sepertinya masih sulit untuk diubah karena seperti sudah mengakar kuat di dalam budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Masyarakat kita masih suka dan masih percaya untuk menyimpan uangnya dibank dengan cara ditabung. Padahal dengan menabung, uang kita tidak akan berkembang. Kita hanya bermain aman dan takut rugi. Padahal jika kita bisa sedikit berani untuk melangkah ke investasi yang lain, maka tidak menutup kemungkinan bahwa uang kita akan semakin bertambah seiring bertambahnya usia dan kebutuhan hidup.

Mindset saving

Orang tua kita mungkin masih berpikiran untuk nabung, nabung dan nabung. Tetapi kita generasi muda yang sudah mengenal berbagai macam investasi sebaiknya juga membuka mata dan telinga untuk kemungkinan jenis investasi yang lain. Dari suatu pola pikir saving account harus diubah menjadi investment account. Dengan begitu, uang yang ada tidak hanya disimpan, tetapi juga di”putar” agar bisa bertambah nilainya.

Mindset saving bisa diubah dengan edukasi yang bertahap agar bisa membawa masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan juga melakukan investasi di dalam pasar modal. Beruntunglah bahwa sekarang sudah mulai banyak perusahaan sekuritas yang melakukan sosialisasi pada kampus, kantor dan lain sebagainya. Mereka ingin meningkatkan minat masyarakat terhadap investasi.

Karena sebenarnya masyarakat mempunyai peluang yang bagus untuk memulai sebuah investasi di dalam pasar modal. Apakah Anda masih tidak yakin? Jadi, selama 2 tahun berturut-turut BEI (Bursa Efek Inodnesia) adalah salah satu bursa yang selalu meraih gain tertinggi di dunia. Bahkan jika boleh ditambahkan, BEI menduduki peringkat pertama di Asia pasifik dan juga ketiga dunia. Mengagumkan bukan? Bahkan tahun lalu juga BEI bisa mencapai pertumbuhan investor sampai 47%.

Mindset saving masyarakat Indonesia bisa dimulai dengan memahami apa yang sedang terjadi di pasar saham. Karena pergerakan pe\asar modal Indonesia mengalami kenaikan yang cukup signifikan yang telah berhasil menarik para investor asing untuk berbondong-bondong membeli saham Indonesia. Misalnya Mitsubishi Finance dari Jepang, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa pasar modal Indonesia sedang mengalami tren yang sangat positif.

Hal inilah yang kemudian disayangkan. Karena masyarakat Internasional yang begitu antusias berinvestasi di Indonesia, tetapi masyarakat Indonesia sendiri masih adem ayem dan tidak berhasrat untuk menanam modal di saham dalam Negeri yang sedang bergeliat. Ayo berinvestasi untuk masa depan yang lebih cerah.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS