November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengobati Mata Lelah

By admin - Wed Apr 25, 4:16 pm

Mengobati mata lelah akan membantu performa Anda di dalam kantor atau di rumah maupun ketika Anda sedang menyetir di jalan. Mengobati mata lelah akan membuat Anda merasa lebih baik dan lebih fresh tentunya. Mata lelah dapat mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh Anda, Anda akan kehilangan konsentrasi Anda. Kelelahan mata adalah masalah yang sangat umum yang datang dikarenakan kurang tidur, ketika mata Anda tidak mendapatkan cukup istirahat maka mata menjadi sakit, kulitnya menjadi bengkak, bahkan mata Anda bisa menjadi mata merah. Hal ini karena mata Anda perlu waktu untuk istirahat, biasanya 7-8 jam semalam sudah cukup.

Mengobati mata lelah

Gejala mata lelah adalah sebagai berikut:

  1. Kemerahan.
  2. Penglihatan kabur.
  3. Mata menjadi berat.
  4. Sakit kepala.
  5. Mata rasanya gatal.

Mengobati mata lelah dengan gejala-gejalanya seperti tersebut di atas berarti sebaiknya segera dilakukan. Tapi jangan terlalu khawatir karena ini bukanlah sesuatu yang serius. Istirahat malam yang baik akan mengatasinya dalam waktu singkat. Jika ada rasa sakit di mata maka harus dikonsultasikan dengan dokter. Menggunakan pengobatan praktis untuk mata lelah selalu menjadi pilihan terbaik, lembut untuk mata Anda dan tidak memerlukan biaya banyak.

Berikut adalah beberapa cara terbaik untuk mengobati mata lelah Anda. Cara pertama adalah dengan mencoba menempatkan dua sendok di lemari es semalam. Tempatkan keduanya pada mata tertutup untuk membantu menyembuhkan kelelahan atau bengkak. Disarankan mata Anda tetap terjaga. Cara kedua adalah dengan celupkan kapas ke dalam susu dan letakkan di mata selama beberapa menit. Susu dikatakan memiliki sifat penyembuhan yang bekerja dengan baik pada mata lelah. Cara ketiga adalah mentimun. Mentimun sangat popular untuk membantu membuat mata rileks karena mentimun sebagian besar terbuat dari air. Potong beberapa iris dan tempatkan di atas ata.

Mengobati mata lelah juga bisa dengan cara yang kelima, yaitu abil secangkir air dan campuran dengan minyak lavender. Kemudian celupkan bola kapas ke dalam campuran, lalu oleskan di kelopak mata. Lavender sangat berguna untuk membantu Anda dan mata Anda bersantai dan membuat otot-otot Anda lebih relaks. Hal ini cocok untuk membantu mendapatkan istirahat malam yang baik dan cukup. Jika Anda memakai kontak lens, cobalah jangan memakainya selama beberapa hari dan tetap gunakan kacamata. Karena kontak lens dapat memperburuk permukaan mata. Jangan membaca dalam gelap atau menggunakan computer di ruangan gelap. Karena hal ini dapat menyebabkan mata Anda harus bekerja lebih keras dan akan membuat mata menjadi lelah. Istirahat untuk sementara waktu jika Anda menggunakan computer untuk jangka waktu yang lama.

Untuk Anda yang setiap hari berada di depan monitor, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi mata lelah:

  1. Jaga jarak pandang dari monitor. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100 cm) dari mata.
  2. Singkirkan CRT, beralih ke LCD. Monitor tabung (CRT) memang memberikan efek yang lebih buruk dibandingkan LCD, selain energy yang dibutuhkan juga jauh lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.
  3. Atur monitor setting. Beberapa monitor sekarang banyak menyediakan pre-set display mode untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut member level brightness yang berbeda untuk menyesuaikan dengan kondisi penggunaan monitor.
  4. Gunakan kacamata anti radiasi. Walau hal ini membutuhkan biaya yang relative lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor. Namun juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV dan sebagainya.
  5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala. Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit setiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS