November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengintip Peluang Bisnis Janur Pernikahan

By admin - Wed Mar 05, 10:27 pm

Bisnis janur pernikahan bukanlah jenis bisnis mainstream dimana semua orang berpikir ingin menjalankan bisnis ini. Bisnis janur pernikahan tak termakan oleh modernitas acara pernikahan. Hampir di seluruh resepsi pernikahan ada janur yang digunakan selain untuk dekorasi juga untuk penanda bagi tamu yang akan datang. Karena bisnis pernikahan adalah salah satu bisnis yang tak pernah ada matinya, maka tidak salah jika bisnis janur semakin tumbuh pesat.

Bisnis janur pernikahanPenjualan janur biasanya meningkat pada musim pernikahan, yakni bulan Syawal dan setelah Idul Adha. Pada dua bulan ini penjualan janur untuk pernikahan bisa meningkat sampai 2 kali lipat. Biasanya, pernikahan dengan tema tradisional lah yang menggunakan janur. Sementara untuk tema pernikahan Internasional, jarang sekali ditemui penggunaan jamur. Harga untuk tiap janur yang dijual juga variatif, yaitu berkisar antara Rp 250.000 – Rp 350.000. harga janur disesuaikan dengan ukuran janur. Biasanya ukran janur besar digunakan untuk resepsi pernikahan di gedung, sedangkan untuk resepsi pernikahan di rumah cukup ukuran kecil sampai sedang saja.

Bisnis janur pernikahan sebenarnya menuntut keahlian untuk mengerjakan janur. Jika Anda tidak mempunyai keahlian tersebut, Anda bisa mencari pengrajin. Bahan baku yang harus ada untuk pembuatan janur pernikahan adalah bambu, janur dan pelepah pisang. Proses pengerjaannya pun tergolong mudah dan cepat, yakni antara 2-3 jam. Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya Anda mulai mencari daerah yang bisa memasok janur ketika dibutuhkan. Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mencari di daerah Rangkas Bitung. Biasanya banyak sekali yang menjadi pemasok bisnis janur di daerah ini.

Bisnis ini sebenarnya tidak mempunyai resiko yang berarti. Yang harus Anda perhatikan adalah proses pengiriman. Anda harus mempunyai mobil bak terbuka agar janur tidak rusak saat pengiriman.

Bisnis janur pernikahan ini bisa Anda mulai dengan menyasar perumahan di sekitar daerah Anda. Pastikan Anda memberikan pelayanan terbaik untuk mengambil kepercayaan konsumen. Jika kepercayaan konsumen semakin meningkat, maka mereka juga tak segan untuk ikut mempromosikan usaha Anda kepada rekan dan keluarga mereka. Selain itu, Anda juga bisa bekerjasama dengan rias pengantin untuk mencari pasar.

Janur untuk pernikahan sebenarnya tidak membutuhkan usaha ekstra untuk membuatnya karena terkesan modelnya sama setiap orang. Tetapi untuk memberikan extra value, Anda bisa memberikan sedikit bentuk hiasan yang berbeda. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang mempunyai modal kecil dan berada di lingkungan luar perkotaan. Karena untuk wilayah perkotaan biasanya sudah satu set dengan wedding organizer yang disewa sehingga peluang pebisnis janur tidak seramai di pedesaan.

Selamat mencoba. Salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS