November 18 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengikuti Gaya Hidup Pengusaha

By admin - Wed May 23, 4:51 pm

Gaya hidup pengusaha bisa dinilai dan bisa difungsikan sebagai daya tarik tersendiri. Gaya hidup pengusaha juga bisa dijadikan pertimbangan untuk melihat dunia wirausaha. Membangun dunia usaha tidaklah selalu harus dilihat dari sudut pandang perekonomian atau ingin membuka lapangan pekerjaan saja. Dari gaya hidup inilah Anda bisa menilai apakah seseorang tersebut bisa dikatakan sukses, bahagia atau sebaliknya.

Gaya hidup pengusaha

Gaya hidup pengusaha yang bebas tanpa terikat dengan jam kerja membuat mereka bisa duduk santai atau nongkrong kapan saja sesuka hati. Hal inilah yang biasanya membuat orang-orang di sekitarnya merasa iri. Dari gaya hidup yang serba bebas ini pada akhirnya menimbulkan keinginan bagi masyarakat sekitar atau beberapa kalangan untuk mengikuti hal yang sama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha. Jika ditilik lebih lanjut, sebenarnya hal gaya hidup seperti ini akan lebih cepat mempengaruhi minat para pemuda atau mahasiswa. Karena biasanya mereka akan melihat penampilan terlebih dahulu, kemudian baru kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang kemudian menjadi daya dukung tersendiri untuk meningkatkan jumlah pengusaha muda di kalangan mahasiswa.

Gaya hidup pengusaha pada akhirnya dijadikan salah satu strategi paling jitu untuk mengajarkan bagaimana menjadi pengusaha sukses dan bahagia. Semua orang tahu bahwa tanggung jawab seorang pengusaha sangat besar, tetapi untuk menarik minat para pemuda untuk berwirausaha, sebaiknya bukan hal tersebut yang pertama kali ditonjolkan. Untuk menarik calon pengusaha, Anda harus menerima ketertarikan para calon pengusaha tersebut. Setelah mereka tertarik, jabarkan semua tanggung jawab dan tugas yang harus diemban. Dari sini akan terlihat siapa saja yang akan bertahan dan merealisasikan keinginan untuk menjadi pengusaha muda. Karena bagi mereka yang tidak siap mental, kesulitan seringkali tidak dipertimbangkan dan nantinya kerap muncul keluhan atau menyerah sebelum berjuang.

Strategi menjaring para calon pengusaha ini bisa dilakukan dalam seminar-seminar kampus. Ketika Anda berjuang menyadarkan para mahasiswa agar mempunyai ketertarikan terhadap gaya hidup pengusaha, Anda juga harus menekankan bahwa “Jika ingin mengikuti gaya hidup pengusaha, maka mulailah berusaha layaknya seorang pengusaha”. Kobarkan semangat mereka.

Gaya hidup pengusaha akan sangat berpengaruh pada pandangan para mahasiswa yang Anda beri seminar. Sebagai langkah nyata untuk menumbuhkan semangat nyata adalah dengan melemparkan lomba membuat business plan. Anda bisa member waktu sampai 10 hari untuk mengumpulkan business plan tersebut dan Anda akan memilih 10 business plan terbaik untuk kemudian Anda pinjamkan modal awal untuk merealisasikan business plan tersebut. Hal ini tentunya mendorong mahasiswa untuk berbondong-bondong mengasah otak untuk memikirkan jenis bisnis apa yang akan mereka buat di business plan.

Selain itu tawarkan pula bagi 10 orang yang terpilih akan mendapatkan bantuan atau didikan dari Anda dan tim untuk mengasah kemampuan wirausahanya selama 6 bulan. Nantinya akan diajarkan bagaimana mengembangkan usaha hingga mengelola keuangan dan pada akhirnya untuk memberikan tanggung jawab bagi pada mahasiswa untuk memikul tanggung jawab. Mereka akan belajar bagaimana berusaha menjalankan usaha agar sukses dan agar mampu membayar dana pinjaman dari Anda dan tim. Tujuannya adalah agar mahasiswa tahu bagaimana berbisnis yang sebenarnya. Dan sangat diharapkan mereka mampu survive sehingga bisa tahan menghadapi persaingan sebenarnya nanti. Jadi, dalam pembelajaran ini, Anda bisa mengingatkan para anak muda (mahasiswa) bahwa untuk memiliki gaya hidup enak bukanlah perkara mudah. Semuanya butuh kerja keras dan mental juara.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS