November 17 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Menggali Peruntungan di Bisnis Franchise

By admin - Tue Jan 17, 3:17 pm

  • Comments Off on Menggali Peruntungan di Bisnis Franchise
  • 1349 views
  • Email
  • Print

Bisnis franchise semakin meroket karena lowongan pekerjaan yang sudah sangat jarang ditemui. Kemudian masyarakat lebih memilih untuk membuka bisnis franchise dengan modal yang cukup dan keuntungan tinggi yang ditawarkan. Rendahnya tingkat penyerapan lowongan pekerjaan dan juga jenuh menjadi pegawai menjadi alasan klasik yang paling banyak ditemui sebelum seseorang memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Bagi seseorang yang mempunyai latar belakang bisnis di keluarganya mungkin tidak akan menemui kendala yang cukup berarti. Berbeda dengan seseorang yang bukan berasal dari keluarga pebisnis, pasti mereka akan lebih susah membuat gambaran tentang membangun sebuah usaha.

Dari situlah mencoba peruntungan melalui usaha franchise ini menjadi sangat menarik perhatian. Sudah ada banyak sekali pilihan yang ditawarkan untuk mengikuti bisnis ini. Tentu saja modal dan jenis yang ditawarkan juga berbeda. Sebelum memilih satu usaha yang akan Anda jalankan, sebaiknya Anda juga memilih satu usaha yang paling cocok dengan hobi atau kesukaan Anda serta cocok dengan pangsa pasar yang ingin Anda bidik. Hal ini akan membuat Anda lebih menikmati menjadi pengusaha.

Bisnis franchise yang paling digemari ada beberapa jenis, yaitu foods and beverages; bisnis pendidikan dan jasa pengiriman. Masing-masing jenis ini juga mempunyai pasar dan karakteristiknya masing-masing. Tantangannya juga beragam. Jadi, sebelum Anda memutuskan memilih yang mana, perhatikan tantangan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Seperti misalnya bisnis pendidikan yang kian menjamur. Bahkan di sepanjang jalan banyak kita temui jejeran kursus pendidikan yang selalu ramai diserbu anak-anak sampai dewasa. Pendidikan sekarang sudah bukan merupakan sesuatu yang hanya didapat di sekolah tetapi juga harus ditunjang dengan kursus-kursus agar mampu ‘menjual’ kemampuan anak di dunia luar.

Peluang pasar bisnis franchise pendidikan masih sangat luas. Sebab sekarang ini  mulai dari anak balita (anak dibawah lima tahun), sampai para mahasiswa dan masyarakat umum membutuhkan pendidikan baik formal maupun non formal untuk menunjang masa depan mereka. Tentu keadaan ini memberikan peluang besar bagi Anda untuk membidik pangsa pasar yang sesuai dengan program pendidikan yang ditawarkan. Mulai dari program Bahasa Asing, komputer, matematika, sampai memasak bisa Anda pilih. Terlebih jika Anda memasang usaha Anda di kawasan perymahan elit, sudah pasti banyak sekali konsumen yang akan menyerbu tempat usaha Anda asalkan Anda juga menawarkan kualitas. Karena jika Anda membidik pasar kelas menengah ke atas, biaya tidaklah menjadi masalah asalkan Anda menyuguhkan kualitas yang seimbang. Selain itu, Anda juga harus membeli kurikulum, mempunyai gedung permanen dengan segala fasilitasnya dan tenaga pengajar yang professional dan bersertifikat. Itulah sebabnya mengapa modal yang Anda perlukan untuk membuka usaha franchise pendidikan sangat tinggi, yaitu berkisar diantara ratusan juta sampai satu milyar rupiah.

Bisnis franchise di bidang makanan juga tidak kalah menggiurkan. Bahkan sekarang bisnis makanan semakin menjamur di berbagai kota dan desa. Karena begitu banyak pilihan, maka Anda harus pintar-pinta memilih dan memilah. Pilihlah yang sesuai dengan budget Anda. beragam modal yang disyaratkan juga menjadi tolok ukur bagaimana cara penyajiannya. Anda bisa memilih bentuk kios yang hanya membutuhkan tempat 1×2 meter, mini kafe dengan area 4×5 meter, dagang keliling menggunakan sepeda maupun sepeda motor, atau restoran.

Semua pilihan ada di tangan Anda. Semakin luas area yang dibutuhkan, semakin besar biaya franchise tersebut. Serta, semakin banyak pula karyawan yang Anda butuhkan. Semuanya tergantung Anda bagaimana bisa membuat Anda nyaman dalam menjalankan bisnis tersebut. Pilih juga menu yang paling cocok dengan selera Anda karena diakui atau tidak akan mempengaruhi mood Anda dalam menjalankan bisnis. Beberapa menu atau jenis franchise makanan dan minuman yang ditawarkan yaitu burger, bakso, kebab, bubble tea, kopi, crepes dan lain sebagainya. Untuk kios franchise sederhana, Anda bisa mulai mengeluarkan modal sebesar 3-5 juta.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

  • Comments Off on Menggali Peruntungan di Bisnis Franchise