November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengenal Strategi Pemasaran 4P (Plus 3P)

By admin - Thu Jun 28, 5:18 pm

 

Strategi pemasaran 4P sekarang sudah semakin ditingkatkan dengan menambahkan 3P di dalamnya. Strategi pemasaran 4P tersusun dari empat komponen utama, yaitu Product, Price, Place, Promotion. Strategi pemasaran ini sangat efektif untuk mencapai objek pemasaran. Karena Anda sebagai pemasar perlu memanipulasi menggunakan cara yang paling efektif dari semua variable yang ada di dalam aspek pemasaran itu sendiri. Jadi, respon yang didapat juga akan lebih optimal.

Strategi pemasaran 4P

Berikut ini adalah beberapa variable yang mencakup 4P.

Product

Price

Place

Promotion

Quality

Discounts

Coverage

Advertisement

Variety

List Price

Channel

Sale Promotion

Features

Payment Period

Location

Public Relation

Design

Allowances

Assortments

Personal Selling

Packaging

Credit Items

Logistics

Media

Brand Name

 

Inventory

Message

Size

 

Service Level

Budget

Service / Support

 

 

 

Returns/ Benefits

 

 

 

Warranties

 

 

 

Berikut adalah satu per satu pembahasan tentang masing-masing variable. Variable pertama adalah produk. Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda hasilkan memenuh standar kualitas dan mempunyai kelebihan yang kompetitif di kalangan para pesaing. Jadi, Anda sebagai produsen harus mempunyai inisiatif tambahan untuk mempopulerkan produk Anda. Produk Anda harus memenuhi kebutuhan, keinginan dan juga harapan masyarakat sebagai konsumen. Jadi, tidak hanya isinya, tetapi kemasan produk juga harus Anda perhatikan. Karena kemasan produk akan memberikan first impression kepada calon konsumen untuk akhirnya memutuskan membeli produk Anda atau tidak.

Strategi pemasaran 4P juga berkaitan dengan Price atau harga. Jika selama ini Anda mengerti bahwa “ada harga ada barang” atau barang yang berkualitas bagus sudah pasti harganya mahal. Anda bisa mengubah hal ini. Anda bisa memproduksi produk dengan kualitas yang bagus dan dengan harga yang bisa dijangkau. Strategi penetapan harga juga sangat penting karena harga merupakan salah satu factor pertimbangan utama ketika konsumen akan mmebeli sebuah produk. Jadi, Anda juga harus mempertimbangkan aspek kemampuan pembeli terhadap harga produk Anda. Jika kualitas oke dan harga masih wajar dan bisa dijangkau, maka Anda tidak akan kehilanggan konsumen.

Variable ke tiga adalah place atau tempat. Strategi penempatan ini meliputi jalur marketing yang berfungsi untuk menyampaikan produk kepada para target market. Strategi tempat harus sangat tempat karena akan berpengaruh pada profit yang akan Anda dapatkan. Misalnya Anda ingin membuka restoran dan Anda mendirikannya di daerah kampus yang mayoritas penghuninya adalah para mahasiswa yang belum berpenghasilan. Hal ini tidak efektif karena tidak mungkin setiap malam para mahasiswa makan di restoran Anda. lain halnya jika Anda menempatkan restoran Anda di lingkungan perkantoran dan perumahan kelas atas. Tempat merupakan salah satu pembentuk kesuksesan Anda.

Strategi pemasaran 4P yang keempat adalah promotion atau promosi. Walaupun ada ungkapan bahwa produk yang berkualitas tidak perlu dipromosikan, tetapi Anda tidak boleh terlalu percaya dengan ungkapan ini. Karena Anda tidak mungkin akan bisa membuat masyarakat secara luas mengenal produk Anda tanpa usaha promosi ataupun iklan. Sekarang sudah banyak sekali media yang bisa dijadikan promosi, seperti media online yang kian banyak memberikan kesempatan untuk beriklan. Sekarang ketika membuka halaman facebook, maka akan muncul banyak sekali iklan. Dan Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik. Anda harus mampu mengolah iklan dengan baik agar masyarakat mampu mendapatkan pesan dari promosi yang Anda lakukan.

Selain 4P, ada lagi tambahan yang semakin membuat para produsen gembira, yaitu 3p. 3 P tambahan ini adalah People (factor manusia secara langsung maupun tidak langsung), Process (proses kerja) dan Physical Evidence (kemampuan industri). 

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS