November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengenal dan Mengatasi Resiko Bisnis 2013?

By admin - Thu Jan 03, 4:45 pm

Resiko bisnis 2013 sudah harus diketahui pada awal tahun 2013 ini. Resiko bisnis 2013 harus dipelajari untuk kemudian dicari solusi yang paling tepat. Perkiraan perkembangan bisnis di Indonesia pada tahun 2013 tampaknya meningkat. Karena yang tadinya suka menduduki zona nyaman dengan bekerja sebagai karyawan, sekarang sudah mulai beranjak dan memulai sebuah usaha. Jiwa entrepreneur sudah mulai tumbuh semakin kuat di dalam diri masyarakat Indonesia. Jadi, tidaklah heran jika akhir-akhir ini banyak sekali pemain baru yang bermunculan.

Resiko bisnis 2013Potensi bisnis di Indonesia memang sangat luas dan hal inilah yang harus disiasati oleh masyarakat untuk bisa merintis sebuah usaha. Tetapi jangan langsung membayangkan sesuatu yang enak-enak saja. Karena di dalam dunia usaha pasti ada resiko-resiko pahit yang harus Anda hadapi. Resiko-resiko pahit ini biasanya muncul di tengah jalan menuju sebuah kesuksesan. Lalu, bagaimana caranya agar bisa mengantisipasi resiko bisnis yang akan menghadang di tahun 2013 ini?

Resiko bisnis 2013 yang pertama, persaingan yang semakin ketat. Persaingan yang ketat dialami karena perkembangan bisnis yang semakin pesat di Indonesia. Nah, yang harus Anda lakukan adalah tetap bertahan di tengah gempuran persaingan yang semakin ketat. Untuk bisa bersaing dengan pasar yang semakin ketat, Anda harus bekerja keras dan menjadi pelaku usaha yang cerdas dengan menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Sebaiknya Anda hindari menggunakan strategi yang sama dengan pesaing Anda. Karena hal ini akan menyebabkan usaha Anda tidak bisa bertahan lama. Cobalah untuk memanfaatkan kreativitas Anda untuk bisa menciptakan ide-ide segar yang belum pernah ada sebelumnya. Walaupun yang Anda jual adalah produk yang sama, tetapi Anda juga harus menawarkan sesuatu yang berbeda yang tidak ada di produk lain. Misalnya dengan kemasan dan rasa yang unik, inovasi pemasaran yang menarik, meningkatkan kualitas service pada konsumen, dan lain sebagainya.

Resiko bisnis 2013 yang kedua adalah perubahan dari pasar konvensional ke pasar online. Perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi tentunya juga berpengaruh pada usaha. Masyarakat sekarang sudah mulai meninggalkan pasar konvensional dan mulai beralih pada pasar online. Hal inilah yang harus Anda kembangkan dan ikuti. Anda tidak bisa terus-menerus hanya mengandalkan pasar konvensional. Anda juga bisa tampil di ranah online untuk meraih pangsa pasar yang semakin luas. Konsep toko online bisa Anda pilih, tentunya dengan konsep yang unik dan menarik. Karena di toko online, yang pertama dilihat adalah tampilan toko online Anda.

Resiko yang ketiga adalah kualitas SDM. SDM yang benar-benar handal bisa Anda manfaatkan untuk menjawab tuntutan pasar. SDM yang handal meliputi latar belakang pendidikan, skill (keterampilan) dan attitude (perilaku). Jadi, jangan sepelekan pelatihan atau training untuk karyawan Anda. Semoga sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS