November 21 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengenal Brand Awareness

By admin - Tue Aug 28, 3:37 pm

 

Brand awareness adalah salah satu factor penting yang harus ditinjau ketika melakkan sebuah usaha. Brand awareness mungkin sudah familier dengan sebagian besar para pelaku bisnis. Yang dimaksudkan dengan brand awareness adalah kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk bisa mengenali atau mengingat sebuah merk. Hal ini meliputi gambar/logo, nama, dan slogan tertentu yang digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk-produknya. Lalu mengapa hal ini menjadi sangat penting? Karena brand awareness secara otomatis akan mampu memperkuat brand produknya. Logikanya, jika semakin banyak masyarakat yang mengingat brand produk Anda maka akan akan semakin besar juga intensitas pembelian yang dilakukan.

brand awareness

Brand awareness sendiri menurut Aaker didefiniskan menjadi 3 tingkatan, yaitu:

  • Brand recognition (pengenalan). Tingkatan ini merupakan tingkatan yang paling rendah, yaitu dimana para konsumen baru mengenal sebuah merk dan masih membutuhkan alat bantu untuk bisa mengingat merk tersebut.
  • Brand recall (mengingatkan kembali). Kesadaran merek akan langsung muncul di benak para konsumen setelah mereka mendengar penyebutan merek tertentu. Bedanya dengan bran recognition adalah jika brand recall hanya membutuhkan pengulangan saja dan brand recognition membutuhkan alat bantu.
  • Top of mind (puncak). Ini adalah tingkatan yang paling tinggi dimana merek atau brand tertentu sudah mendominasi benak masyarakat. Sehingga dalam level ini, masyarakat atau konsumen tidak membutuhkan pengingat apapun untuk bisa mengenali merek produk tertentu. Tetapi untuk mampu sampai level top of minde, Anda membutuhkan strategi promosi khusus yang bisa memperkuat brand produk Anda.

Brand awareness ini bisa didapatkan dengan beberapa tips marketing yang sederhana yang bisa mulai Anda jalankan sekarang. Berikut ini adalah beberapa tips marketing yang bisa Anda jadikan patokan atau pedoman:

  • Pastikan bahwa nama brand yang Anda pilih cukup membuat masyarakat mudah mengingatnya. Misalnya yang sekarang terjadi adalah produk air mineral aqua yang sudah menjadi top of mind di kalangan masyarakat luas.
  • Ciptakan pesan unik yang akan membedakan merk Anda dengan produk competitor. Misalnya yang bisa kita lihat adalah produk oreo yang menciptakan cara makan yang unik dan menunjukkan model iklan anak-anak karena memang membidik pangsa pasar anak-anak. Anda bisa meniru jenis ini.
  • Gunakan jargon atau slogan yang mudah diingat yang berfungsi untuk memudahkan masyarakat mengingat brand Anda. Ada satu produk yang sangat slogan atau jargonnya sangat terkenal, yaitu brand indomie. Ketika ada kata “Indomie.. seleraku” seolah-olah menjadi magnet yang sangat hebat yang membuat masyarakat senantiasa mengingatnya dan ingin membeli produk tersebut.
  • Jangan lupa untuk memilih dan mengusung symbol atau logo yang ada hubungannya dengan brand produk Anda. Misalnya yang dilakukan oleh produsen McDonald’s yang mengusung lambing “M” berwarna merah sebagai lambing yang menghubungkan ke brand McDonald’s.
  • Untuk mempertajam ingatan para konsumen, Anda bisa melakukan pengulangan. Karena dengan begitu, Anda bisa membuat produk Anda menjadi sumber inspirasi bagi para konsumen, bisa meningkatkan daya tarik brand Anda di mata masyarakat, bisa merangkul konsumen dalam kegiatan promosi dan juga bisa berkomitmen untuk melibatkan brand tersebut dalam setiap kegiatan.

Brand awareness dan tips marketing tersebut di atas semoga bisa membantu Anda dalam menerapkan strategi yang pas dan menjaring banyak konsumen. Karena tantangan dalam berwrausaha bukan hanya pada saat mencari pelanggan tetapi juga bagaimana kita bisa mempertahankannya.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS