August 30 2014
  • 1
Jakarta, ID - 28 °CMostly Cloudy - Humidity: 79%
Advertisement

Mengembangkan Peluang Bisnis dari Hobi

By admin - Wed Jan 18, 3:30 pm

Peluang bisnis juga bisa didapat dari hobi. Tidak percaya? Tapi tentu ada trik dan caranya agar bisa menyulap hobi menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Ketika Anda mempunyai hobi yang begitu Anda gemari, sebaiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut. Karena siapa tahu nanti Anda mampu mengubah hobi Anda menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk Anda. Karena secara psikologis, biasanya orang yang bekerja berdasarkan rasa cinta maka hasilnya pun akan lebih maksimal daripada mereka yang hanya menjalankan pekerjaan atau bisnis dengan setengah hati.

Misalnya saja seseorang yang hobi berwisata kuliner dan mampu mendeteksi mana masakan yang enak dan dengan bumbu-bumbu yang pas dan mana yang tidak. Kemampuan inilah yang kemudian akan membuatnya mampu menyeleksi mana masakan yang sepertinya mempunyai pangsa pasar yang lebih bagus. Dari sini kemudian akan mampu memberikan makanan terbaik untuk para pelanggannya.

Peluang bisnis dengan memanfaatkan hobi bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut ini. Tip pertama adalah tawarkan karya Anda secara gratis atau sebagai sampel yang diberikan dengan diskon. Entah Anda menjual aksesoris, pakaian yang Anda desain sendiri, makanan, dan lain sebagainya, latihlah keahlian Anda. Kemudian uji kemampuan Anda menjual pada teman-teman. Undang mereka ke rumah Anda untuk mencoba hidangan khas yang Anda sukai. Atau bisa juga dengan membawakan contoh aksesoris yang Anda rangkai sendiri ke kantor. Kemudian, cobalah untuk mencari feedback dari mereka agar Anda bisa memperbaiki diri dan menghasilkan karya yang lebih baik.

Tip kedua adalah curi ilmu dari ahlinya. Banyak sekali seminar atau workshop kewirausahaan yang diadakan oleh perusahaan atau produk tertentu. Cobalah hadir ke seminar-seminar ini, karena Anda tidak akan sekedar mendapatkan teori tetapi juga pengalaman dari mereka yang pernah mengembangkan bisnis. Anda juga bisa memulai langkah Anda dengan melamar sebagai part-timer di perusahaan pemilik bisnis yang Anda kehendaki sehingga Anda bisa belajar banyak dari sana. Tips ketiga adalah bangun jejaring. Begitu Anda menyadari bahwa hobi Anda mempunyai peluang untuk berkembang dan mempunyai masa depan menjanjikan, kumpulkan komunitas. Anda bisa memanfaatkan jejaring social yang ada untuk menghimpun calon kolega, prospek maupun pelanggan Anda. Semakin besar komunitas Anda, maka semakin besar pula potensi Anda untuk menjadi sukses.

Peluang bisnis juga bisa disukseskan dengan tip keempat yaitu iklankan. Setelah menyempurnakan hobi Anda, kini saatnya Anda melangkah ke tahap selanjutnya. Yaitu menciptakan website sederhana yang menjelaskan mengenai usaha Anda, lengkap dengan nama perusahaan yang baik, serta logo yang didesain dengan unik. Setelah itu, sebarkan berita mengenai peluncuran produk atau layanan Anda melalui twitter, facebook, youtube, e-mail, dan jejaring social lain.

Tip kelima adalah berikan perhatian penuh. Usaha yang semakin berkembang tentu menuntut perhatian yang lebih besar dari Anda. maka jika bisnis Anda sudah menghasilkan keuntungan dan Anda yakin bisa membiayai hidup Anda dari usaha ini, pertimbangkan untuk serius menjalankannya. Jika Anda sebelumnya sudah bekerja di kantor, sebaiknya pertimbangkan untuk mengundurkan diri dari kantor. Umumkan bahwa bisnis ini sekarang sudah menjadi pekerjaan penuh Anda yang baru.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

Leave a Reply

Comments are closed on this post.

Advertisement