November 14 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengembangkan Bisnis dengan Optimasi dan Inovasi

By admin - Thu Feb 16, 3:57 pm

Mengembangkan bisnis akan membantu Anda dalam meraih tujuan dan kesuksesan yang selama ini Anda impi-impikan. Mengembangkan bisnis juga akan menghindari kemandegan usaha Anda. Karena sering kali sebuah bisnis mengalami kemandegan setelah berjalan lama. Ini masih bagus karena 95% pebisnis tutup dalam waktu 5 tahun. Namun jika kelamaan mandeg, akhirnya akan tutup juga. Oleh karena itu, supaya tidak mandeg, kita harus memikirkan bagaimana mengambangkan bisnis.

Banyak tips yang mengatakan bahwa agar bisnis Anda bisa berkembang, maka Anda harus melakukan inovasi terus menerus dalam bisnis Anda. Bahkan ada yang mengatakan: inovasi atau mati. Namun, ternyata pernyataan ini kurang lengkap, karena ada satu langkah yang perlu dilakukan sebelum inovasi, yaitu optimasi. Jadi langkahnya ialah mengoptimalkan dulu yang sudah berjalan, kemudian baru melakukan inovasi.

Mengembangkan bisnis

Mengembangkan bisnis dapat dilakukan dengan memulai langkah pertama yaitu optimasi. Inovasi akan percuma jika Anda belum mengoptimalkan yang ada. Yang salah atau yang tidak memberikan nilai diperbaiki terlebih dahulu atau dihilangkan jika perlu. Kemudian yang ada tinggalkan usaha-usaha yang benar dan memberikan nilai. Inilah optimasi, yang menjadikan bisnis Anda kembali ke rel-nya. Setelah itu baru melakukan inovasi. Bagaimana Anda bisa melakukan inovasi jika bisnis kita tidak berjalan pada jalurnya?

Yang kedua adalah inovasi. Inovasi adalah aplikasi ide baru yang menghasilkan: memberikan manfaat. Jika kreativitas adalah bagaimana menghasilkan ide, maka inovasi ialah bagaimana mengaplikasikan ide yang dihasilkan. Tidak ada inovasi tanpa kreativitas namun kreativitas tanpa dilanjutkan dengan inovasi akan percuma. Dan keduanya penting. Setelah Anda memiliki proses bisnis teroptimasi, maka langkah selanjutnya ialah bagaimana melakukan inovasi pada bisnis Anda. Dengan kata lain mencari ide-ide baru, ide-ide terobosan agar bisnis kita berbeda, tentu saja berbeda yang memberikan manfaat baik kepada bisnis kita (profit) dan masyarakat.

Mengembangkan bisnis juga bisa dibantu dengan menentukan objek utama optimasi dan inovasi. Kebanyakan orang akan fokus pada produk. Tapi definisi kualitas produk adalah kondisi produk yang diinginkan olah pasar. Percuma memiliki produk yang bagus menurut Anda tetapi tidak menurut pasar. Jika produk Anda bagus menurut pasar, maka pasar akan menerima produk Anda. Jadi seharusnya yang menjadi fokus dalam optimasi dan inovasi adalah pada pemasaran. Tentu saja, produk dan jasa akan dilibatkan tetapi kaitannya dalam memenuhi keinginan pasar. Jadi kesimpulan bagian pertama cara mengembangkan bisnis ialah: optimasi dan perbaiki yang tidak bekerja dengan baik, kemudian lakukan inovasi atau mencoba hal baru, dan fokuslah pada pemasaran.

Untuk mengoptimalkan usaha yang Anda lakukan, ada baiknya Anda juga mengimbanginya dengan beberapa hal berikut:

  1. Tetapkan target yang tidak mudah.
  2. Kembangkan dan tularkan kemampuan Anda.
  3. Carilah ide yang sampai saat ini belum ditemukan oleh orang lain.
  4. Dapatkan nilai lebih. Ini berarti Anda harus meningkatkan nilai pelayanan barang dan jasa Anda.
  5. Target konsumen.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS