November 19 2018
  • 1
, - ° - Humidity: %
Advertisement

Mengapa Pelaku UKM Perlu Mempelajari Strategi Branding?

By admin - Thu Mar 28, 3:42 pm

Strategi branding tidak hanya dibutuhkan oleh para pebisnis besar, tetapi juga untuk para pelaku UKM. Strategi branding sangat berpengaruh dalam proses pemasaran produk. Selama ini, para pelaku UKM seolah-olah masih mengesampingkan masalah tentang brand produk padahal brand produk yang diusungnya membawa dampak yang sangat penting untuk meraih kesuksesan. Untuk itulah jika Anda ingin memulai usaha sebagai pelaku UKM, sebaiknya Anda lebih jeli dan teliti ketika menentukan brand produknya. Berikut ini fokus yang harus Anda pelajari dalam menentukan brand produk:

Strategi branding

  • Fokus dalam membangun “killer brand”. Para pelaku UKM bisa mencontoh kesuksesan produk lain yang sudah mapan, seperti produk “Apple” yang menjadi brand paling terkenal di dunia. Keberhasilan strategi branding yang satu ini bisa kita contoh, dimana kita harus lebih matang untuk bisa membangun “killer brand” dan bukannya fokus untuk membangun “killer product”.
  • Jadikan brand yang Anda miliki sebagai jawaban atas kebutuhan konsumen. Strategi branding yang Anda jalankan harus mengedepankan alas an Anda memproduksi barang tersebut. Karena konsumen membutuhkan kejelasan tentang produk atau brand Anda untuk menjawab kebutuhan mereka. Untuk itulah Anda juga harus bisa menjelaskan alasan Anda menciptakan produk atau brand Anda tersebut. Selain itu, Anda juga harus menekankan visi dan misi serta menonjolkan kualitas produk Anda.
  • Ciptakan market baru. Jangan terlalu memaksakan kehendak untuk bertahan di satu market tertentu jika di sana sudah terlalu sesak. Sebaiknya Anda mencari alternatif lain, yaitu dengan menciptakan market baru untuk memperkenalkan brand usaha Anda. Tetapi jangan asal masuk ke market baru, karena Anda juga perlu memastikan bahwa market yang Anda pilih menjanjikan pertumbuhan yang bagus. Lakukan survey untuk mengetahui respon calon konsumen secara langsung.
  • Sebelum menciptakan sebuah brand baru, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal-hal kecil. Strategi branding bisa berawal dari ide sederhana yang Anda bentuk beserta hal-hal detail yang ada di sekitarnya. Untuk itulah sebelum Anda menciptakan atau mengubah sebuah brand, pastikan Anda sudah mempertimbangkan dan memperhitungkan dampak baik dan buruknya keputusan tersebut. Selain itu, Anda juga harus mampu menyatukan pandangan Anda dengan pola pikir konsumen tentang brand produk yang akan Anda pasarkan tersebut.

Nah, dengan memperhatikan fokus apa saja yang harus Anda kembangkan dan lakukan, maka Anda bisa lebih memantapkan diri untuk terjun ke pasar dan meraih kesuksesan. Anda tidak harus menjadi pengusaha hebat dulu untuk memperhatikan tentang detail-detail brand produk, karena pelaku UKM pun membutuhkan strategi yang tepat agar bisa menjadi pengusaha hebat dan sukses. Selamat mencoba dan salam sukses.

Follow Peluang Bisnis | Peluang Usaha | Informasi Bisnis Indonesia on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS